Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hari Santri 2023, Pj Gubernur Sumsel Dukung Kemandirian Pesantren

Kamis, 19 Oktober 2023 – 12:54 WIB
Hari Santri 2023, Pj Gubernur Sumsel Dukung Kemandirian Pesantren - JPNN.COM
Hari Santri 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni membuka ‘Expo Kemandirian Pesantren’ di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Jakabaring, Rabu (18/10). Foto: dok Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Menyambut Hari Santri 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni membuka ‘Expo Kemandirian Pesantren’ di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Jakabaring, Rabu (18/10).

"Kami mendukung sepenuhnya dan mengapresiasi program dari Kementerian Agama (Kemenag) untuk memandirikan pesantren," jelas Fatoni. 

Fatoni berharap dengan bantuan dana inkubasi dari Kemenag, pesantren mampu mengembangkan berbagai jenis usaha. Sehingga nantinya tiap pesantren dapat menghidupi dirinya sendiri dan tidak tergantung dengan pihak lain.

"Ini juga dapat melatih santri agar tidak hanya menjalankan pendidikan saja, namun bisa juga mandiri dengan berwirausaha," jelasnya. 

Pemprov Sumsel pun berkomitmen mendukung pesantren dan para santri. Ini dibuktikan dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Selatan Nomor 3 Tahun 2021 tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren.

"Dalam Perda tersebut sangat jelas bahwa Pemprov mendukung sepenuhnya sebagai salah satu tempat pendidikan yang lengkap" katanya.

Tak hanya memberikan ilmu umum dan agama tetapi juga membentuk akhlak dan karakter serta menggembleng para santri sebagai generasi penerus bangsa. 

"Sebagai orang tua santri, saya merasakan betul betapa perbedaan yang sangat besar saat anak-anak saya sekolah di pesantren. Mereka jadi terbiasa menghadapi masalah, berlatih berinteraksi dengan sesama, dan terbiasa disiplin," papar Fatoni.

Hari Santri 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni membuka ‘Expo Kemandirian Pesantren’ di kampus UIN Raden Fatah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close