Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasbudi Masih Berpangkat Briptu, Tetapi Lihat Asetnya, Bikin Geleng Kepala

Sabtu, 07 Mei 2022 – 17:57 WIB
Hasbudi Masih Berpangkat Briptu, Tetapi Lihat Asetnya, Bikin Geleng Kepala - JPNN.COM
Briptu Hasbudi digelandang petugas Ditreskrimsus Polda Kaltara saat berusaha kabur melalui penerbangan di Bandara Juwata Tarakan, Rabu (4/5) sore. Foto: Ditreskrimsus Polda Kaltara.

jpnn.com, TARAKAN - Ditreskrimsus Polda Kalimantan Utara (Kaltara) terus mengusut kasus bisnis ilegal yang selama ini dijalankan Briptu Hasbudi. Dalam kasus itu, penyidik menyita aset Hasbudi dengan nilai yang fantastis.

Aset-aset yang disita itu berasal dari bisnis tambang emas ilegal dan pakaian bekas serta daging asal luar negeri.

“Benar, ada beberapa aset yang sudah disita, untuk keperluan pemeriksaan usaha ilegal milik HSB (Hasbudi)," kata Dirreskrimsus Polda Kaltara AKBP Hendy F Kurniawan saat dikonfirmasi JPNN.com, Sabtu (7/5).

Selain aset yang bernilai miliaran rupiah, penyidik juga menyita beberapa alat komunikasi serta puluhan buku rekening hingga catatan aliran dana mengalir ke sejumlah pejabat.

Petugas juga menyita dokumen pelayaran yang terdiri dari manifest, tetapi tidak sesuai dengan isi kontainer.

"Kami juga menemukan catatan dokumen terkait pelayaran manifes berisi rumput laut, yang ternyata malah digunakan untuk pakaian bekas asal Malaysia," kata perwira menengah tersebut.

Mantan Kapolres Karawang ini menuturkan pihaknya menyita aset berupa satu unit mobil Toyota Alphard dan satu unit mobil Honda Civic. Kemudian ada sembilan unit speedboat yang diduga biasa digunakan kaki tangan Briptu Hasbudi mengangkut barang-barang ilegal.

"Semuanya sudah kami segel dan akan dipelajari untuk riwayat pembeliannya. Kami teliti sumber asetnya ini. Kalau pembeliannya dari usaha ilegal maka kami amankan sebagai barang bukti," tegas Hendy.

Dirkrimsus Polda Kaltara AKBP Hendy Febrianto Kurniawan merincikan sejumlah aset dan alat bukti yang telah disita dari Briptu Hasbudi, berikut rinciannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close