Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil MotoGP Qatar 2022: Enea Bastianini Juara, 6 Pembalap jadi Korban

Senin, 07 Maret 2022 – 00:08 WIB
Hasil MotoGP Qatar 2022: Enea Bastianini Juara, 6 Pembalap jadi Korban - JPNN.COM
Pemilik podium MotoGP Qatar 2022 (dari kiri) Pol Espargaro, Enea Bastianini, dan Brad Binder. Foto: Twitter@MotoGP

jpnn.com, LUSAIL - Pembalap Gresini Racing (Ducati) Enea Bastianini menjadi juara seri pertama MotoGP 2022 di Lusail International Circuit, Minggu (6/3) malam WIB.

Rider asal Italia berusia 22 itu menunjukkan kecepatannya setelah mengeklaim posisi start kedua di kualifikasi MotoGP Qatar kemarin, dan tampil kompetitif sepanjang 22 putaran.

Meski sempat mendapati posisinya melorot setelah start, Bastianini tak kehilangan kecepatan dan mampu menjaga performa bannya hingga menjuarai balapan 0,346 detik di depan Brad Binder dari tim KTM dan Pol Espargaro dari tim Repsol Honda.

"Susah bagi saya untuk bicara saat ini, saya dedikasikan kemenangan ini untuk Fausto," kata Enea Bastianini setelah lomba, terkenang dengan mendiang pendiri tim Gresini Fausto Gresini yang meninggal karena komplikasi Covid-19 pada musim lalu itu.

Pembalap tim Pramac Racing Jorge Martin, menjadi salah satu favorit, tetapi gagal melaju dengan sempurna dari pole, bahkan nyaris bertabrakan dengan pebalap lain, sehingga membuka jalan bagi Marc Marquez untuk memimpin lomba menuju tikungan pertama.

Belum genap satu putaran, Pol Espargaro yang start dari P6 mengambil alih pimpinan lomba dari rekan satu timnya di Honda tersebut dan membawa dua motor RC213V, yang mengalami perubahan radikal musim ini, unjuk gigi sejak awal balapan.

Di lap ke-6, Brad Binder menyalip Marquez yang melebar di tikungan pertama dan Enea Bastianini melewati Joan Mir dan tak lama berselang menyalip Marquez untuk masuk zona podium.

Bastianini, dengan sembilan lap tersisa, tampil menekan sekuat tenaga dan mendapatkan celah untuk menyalip Binder demi tempat kedua dan mengejar Espargaro yang berjarak 1,2 detik di depan.

Cek hasil MotoGP Qatar 2022 di sini. Bastianini mempersembahkan kemenangan untuk Fausto Gresini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close