Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Pilpres AS Sudah Jelas: Biden Menang, Trump Mengeyel

AS Segera Punya Wapres Perempuan

Minggu, 08 November 2020 – 08:12 WIB
Hasil Pilpres AS Sudah Jelas: Biden Menang, Trump Mengeyel - JPNN.COM
Calon Presiden AS Joe Biden. Foto: REUTERS

jpnn.com, WASHINGTON - Hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2020 sudah gamblang. Joe Biden yang menjadi calon presiden dari Partai Demokrat mengalahkan Donald Trump sebagai kandidat petahana yang diusung Partai Republik.

Biden memastikan kemenangannya pada Sabtu (7/11) setelah mengantongi electoral colleges penentu dari Pennsylvania (20) dan Nevada (6), sehingga tokoh kelahiran 20 November 1942 itu melampaui titik kemenangan 270. Total jenderal, Biden mengantongi 290 electoral colleges, sedangkan Trump hanya 214.

Angka kemenangan Biden masih bisa bertambah. Sebab, penghitungan suara masih belum berakhir.

Kini, Biden menyandang status presiden terpilih atau elected president. Suami Jill Biden itu akan dilantik menjadi Presiden ke-46 AS menggantikan Trump pada 20 Januari 2021.

Biden lantas mengunggah sebuah video ke akunnya di Twitter. Wakil presiden AS pada masa pemerintahan Barack Obama itu juga menyertai video itu dengan sebuah pesan.

“Amerika, saya merasa terhormat bahwa kalian telah memilih saya untuk memimpin negeri kita yang hebat. Pekerjaan kita ke depan masih berat, tetapi saya menjanjikan ini kepada kalian; saya akan menjadi presiden bagi seluruh rakyat Amerika, baik yang memilih saya ataupun tidak. Saya akan menjaga kepercayaan yang kalian tempatkan pada saya,” tulisnya.

Selain itu, Biden dalam pernyataan terpisah juga berupaya mendinginkan suasana seiring sikap Trump yang belum mau mengakui kekalahan.

“Dengan berakhirnya kampanye, kini saatnya melupakan kemarahan dan retorika yang keras dan bersatu sebagai sebuah bangsa,” katanya.

Joe Biden yang menjadi capres dari Partai Demokrat memastikan kemenangannya atas Donald Trump sebagai kandidat petahana yang diusung Partai Republik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close