Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei Elektabilitas Caleg, Politikus Gerindra Teratas

Rabu, 13 Maret 2019 – 10:18 WIB
Hasil Survei Elektabilitas Caleg, Politikus Gerindra Teratas - JPNN.COM
Bendera Partai Politik. Ilustrasi Foto: Doni Kurniawan/Jawa Pos Group

jpnn.com, BOJONEGORO - Hasil survei Barometer Survey Nusantara menunjukkan elektabilitas caleg DPR RI yang merupakan putra daerah berada di posisi atas.

Seperti yang terjadi di Dapil Jatim IX (Bojonegoro-Tuban). Putra daerah yang dimaksud adalah caleg yang lahir dan berasal dari Bojonegoro ataupun Tuban.

Survei Barometer Survey Nusantara dilakukan pada 1-10 Maret di 48 kecamatan di Dapil Jatim IX (Bojonegoro-Tuban). Survei dilakukan dengan melibatkan 1.200 reposnden yang tersebar di seluruh desa. Sementara margin of error sebesar 2 persen.

Direktur Barometer Survey Nusantara Ikhwan Hartanto mengatakan, caleg asal putra daerah paling berpotensi unggul karena memang mereka sudah memahami kebutuhan warganya. Masyarakat saat ini membutuhkan caleg yang mengerti kebutuhan daerah dan bisa membangun daerahnya.

BACA JUGA: Sebar Hoaks Tentang Jokowi - Ma'ruf di Ceramah, Ustaz Ini Ditangkap Polisi

“Banyak pemilih yang trauma dengan caleg karena setelah terpilih tidak pernah ingat kepada dapilnya. Kebanyakan sibuk di Jakarta," katanya kepada Jawapos.com, Selasa (12/3).

"Pemilih Bojonegoro-Tuban lebih merasa nyaman dengan memilih caleg asal daerahnya sendiri. Ada beberapa alasan. Di antaranya lebih dikenal, lebih jelas rekam jejaknya, dan lebih bisa dipercaya membangun daerahnya," lanjut dia.

Di sisi lain, kata Ikhwan, para caleg yang berasal dari luar dapil, sulit diterima. Pasalnya, mereka tidak pernah merasa harus membangun daerah setelah terpilih sebagai anggota legislatif.

Hasil survei Barometer Survey Nusantara memperlihatkan elektabilitas caleg yang merupakan putra daerah berpotensi menang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close