Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei: Politik Luar Negeri China Dicap Negatif, tetapi Duitnya Bawa Manfaat

Jumat, 28 Juli 2023 – 14:49 WIB
Hasil Survei: Politik Luar Negeri China Dicap Negatif, tetapi Duitnya Bawa Manfaat - JPNN.COM
Presiden RRT Xi Jinping yang juga sekretaris umum Partai Komunis China. Foto: Wang Zhao/AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Pew Research Center merilis hasil risetnya tentang pandangan 24 negara atas politik luar negeri dan investasi China atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Lembaga penelitian yang bermarkas di Washington DC, Amerika Serikat (AS), itu mencatat mayoritas negara yang disurvei memandang negatif kebijakan luar negeri China.

“Pandangan tentang China secara umum negatif di 24 negara,” bunyi laporan Pew melalui lamannya, Kamis (27/7).

Angka rerata dari survei Pew di 24 negara memperlihatkan mayoritas orang dewasa (67 persen) memiliki pandangan tidak baik atas negeri pimpinan Xi Jingping itu. Hanya 28 persen responden yang memandang negeri komunis itu secara positif.

Pew mencatat pandangan negatif itu meluas pada aksi internasional Tiongkok. Meski Tiongkok sudah melakukan diplomasi tingkat atas dalam mendamaikan Iran dan Arab Saudi maupun menyodorkan proposal perdamaian untuk mengakhiri perang di Ukraina, mayoritas responden tetap memandang Negeti Tirai Bambu itu secara miring.

“Rata-rata 71 persen (responden) berpikir China tidak berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas global,” imbuh laporan Pew.

Sebagian besar atau 76 persen responden survei itu juga menganggap China menjalankan politik luar negerinya tanpa memperhitungkan kepentingan negara lain.

Adapun 57 persen responden menilai China mencampuri negara lain dalam skala besar ataupun wajar.

Pew Research Center merilis hasil risetnya tentang pandangan 24 negara atas politik luar negeri dan investasi China atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close