Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei SMRC: Dukungan untuk Ganjar Pranowo Naik Setelah Polemik Piala Dunia U-20

Sabtu, 29 April 2023 – 18:31 WIB
Hasil Survei SMRC: Dukungan untuk Ganjar Pranowo Naik Setelah Polemik Piala Dunia U-20 - JPNN.COM
Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Saiful Mujani Reserach and Consulting (SMRC) melakukan survei elektabilitas bakal calon presiden yang dilakukan  pada “pemilih kritis” nasional pada 25-28 April 2023.

Pada survei terhadap pemilih kritis dalam bentuk pertanyaan terbuka, Ganjar Pranowo dipilih oleh 20,8%, Prabowo 15,8%, Anies Baswedan 11,4%, dan nama-nama lain jauh di bawah mereka.

Menurut Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, hal itu  mengindikasikan bahwa  Ganjar mengalami kenaikan signifikan dari 13% pada 4-7 April 2023, baru setelah keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, menjadi 20,8% pada 25-28 April 2023.

Kenaikan elektabilitas itu baru terjadi setelah keputusan PDIP mencalonkan Ganjar.

Sementara dukungan pada Prabowo sebesar 18,3% menjadi 15,8%, dan pada Anies 10,7% menjadi 11,4% pada kurun waktu yang sama.

Kenaikan Ganjar terjadi dari akumulasi penurunan pada Prabowo, pada pemilih yang belum menentukan pilihan sebelumnya, dan pada pemilih calon-calon lain. 

Deni menjelaskan bahwa “pemilih kritis” adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik karena mereka memiliki telepon atau cellphone sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial-politik.

"Mereka umumnya adalah pemilih  kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan. Mereka juga cenderung lebih bisa memengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya. Total pemilih kritis ini secara nasional diperkirakan 80%. Karena itu, survei ini tidak mencerminkan populasi pemilih nasional 100 persen," ujarnya

Kenaikan elektabilitas itu baru terjadi setelah keputusan PDIP mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai capres2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close