Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei Terbaru Pilgub Jatim, Selisih Lumayan Jauh

Kamis, 15 Maret 2018 – 08:34 WIB
Hasil Survei Terbaru Pilgub Jatim, Selisih Lumayan Jauh - JPNN.COM
Puti Guntur Soekarno. Foto: Mahesa Indra/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - PolMark Indonesia merilis hasil survei elektabilitas pasangan cagub-cawagub Jatim yang dilakukan pada 6–11 Februari 2018, pada Rabu (14/3).

Hasilnya, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti) meraih 42,7 persen suara.

Sementara itu, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak hanya 27,2 persen. Selisih di antara keduanya mencapai 15,5 persen.

Survei dilakukan kepada warga Jawa Timur yang tersebar di 36 kabupaten/kota. Mereka adalah para pemilih dengan rentang usia 17 hingga di atas 55 tahun.

Total responden sebanyak 1.200 orang dengan margin of error sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk porsi jenis kelamin, laki-laki dan perempuan dibuat imbang.

”Ada berbagai alasan yang mendasari para responden dalam menentukan pilihannya kepada para pasangan calon,” kata Direktur PolMark Indonesia Eko Bambang Subiantoro.

Di antaranya, kata Eko, 22,6 persen responden memilih Gus Ipul-Mbak Puti karena mantan ketua GP Ansor itu dianggap berpengalaman memimpin Jawa Timur. Gus Ipul menjadi pendamping Gubernur Jatim Soekarwo selama dua periode sejak 2009.

Dan praktis, selama hampir 10 tahun itu, keponakan Gus Dur (mantan Presiden RI alm KH Abdurrachman Wahid) itu tak pernah sekalipun terlibat dalam isu korupsi.

Hasil survey PolMark Indonesia terhadap elektabilitas pasangan cagub-cawagub Jatim menunjukkan adanya selisih suara yang lumayan jauh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close