Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasil Survei Terbaru soal Mudik Lebaran 2020, Ya Ampun, Ternyata

Rabu, 22 April 2020 – 17:32 WIB
Hasil Survei Terbaru soal Mudik Lebaran 2020, Ya Ampun, Ternyata - JPNN.COM
Warga melintas di dekat spanduk seruan untuk menunda mudik menjelang puasa dan Lebaran di Jalan Sudirman, Serang, Banten, Kamis (9/4/2020). Foto: dok ANTARA /Asep Fathulrahman/foc.

jpnn.com, JAKARTA - Hasi survei terbaru KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) menyatakan sekitar 29 persen perantau yang dijadikan responden tetap ingin melakukan Mudik Lebaran 2020.

Survei ini dipaparkan langsung oleh Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Wibowo dalam diskusi secara virtual bertajuk "Satu Asa Lawan COVID-19 pada Rabu (22/4).

Kunto menjelaskan bahwa 49,4 persen responden yang disurvei merupakan perantau.

"Saat ditanya apakah berencana mudik khusus bagi pendatang, 29,0 persen bilang ya, 41,5 persen bilang tidak, dan 29,5 persen bilang ragu-ragu. Ini sekali lagi, kami tanya sebelum ada larangan mudik," ucap Kunto.

Ketika didalami lagi bagi 29,5 persen perantau yang masih ragu-ragu untuk Mudik, ada 30 persen yang menyatakan masih menunggu keputusan pemerintah.

"Berarti yang 30 persen ini bisa dikatakan tidak jadi Mudik karena sudah dilarang. Lalu ada 20 persen bilang menunggu corona mereda, 15 persen tergantung pendapatan. Ada juga yang takut ditolak di kampung halaman, takut tertular di jalan," jelas Kunto.

Survei opini publik di Jabodetabek ini dilakukan KedaiKOPI pada 14-19 April 2020, melalui telepon.

Responden yang ditelepon panel ada sebanyak 2.324 orang. Namun hanya 405 yang merespons (17,4 persen).

KedaiKOPI memaparkan hasil survei untuk mengetahui berapa persen perantau yang tetap ingin Mudik Lebaran pada tahun ini, di tengah pandemic COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close