Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hati-Hati, Google Temukan HP Samsung dan Vivo Mudah Diretas, Berikut Daftarnya

Senin, 20 Maret 2023 – 11:34 WIB
Hati-Hati, Google Temukan HP Samsung dan Vivo Mudah Diretas, Berikut Daftarnya - JPNN.COM
Samsung Galaxy A71. ilustrasi Foto: ridha

jpnn.com, JAKARTA - Google mengumumkan bahwa ada sejumlah handphone (HP) yang mudah diretas oleh seseorang hanya dengan mengetahui nomor telepon.

Adapun HP yang mudah diretas itu di antaranya Samsung, Pixel, dan Vivo.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu memperingatkan agar pemilik HP tersebut agar tetap berhati-hati.

Project Zero, tim pakar dan analis keamanan siber internal Google, menjelaskan setidaknya ada 18 potensi eksploitasi data yang bisa digunakan seseorang untuk meretas ponsel yang menggunakan modem Samsung Exynos.

Eksploitasi itu sangat parah, sehingga harus diperlakukan sebagai kerentanan zero-day (menunjukkan bahwa mereka harus segera diperbaiki).

Pada empat eksploitasi, penyerang hanya perlu memiliki nomor telepon pengguna untuk mendapatkan akses ke data yang mengalir masuk dan keluar dari modem perangkat, seperti panggilan telepon hingga pesan teks.

Sementara itu, 14 eksploitasi lainnya kurang mengkhawatirkan, karena membutuhkan lebih banyak upaya untuk mengekspos kerentanan perangkat.

Penyerang akan memerlukan akses ke perangkat secara lokal atau ke sistem operator seluler, seperti dilaporkan CNET, Kamis.

Google memperingatkan agar pemilik HP Samsung dan Vivo agar tetap berhati-hati karena mudah diretas oleh seseorang. Berikut daftarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close