Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hati-Hati, Handuk Dapur Bisa Menyebabkan Hal Ini

Senin, 20 Agustus 2018 – 22:48 WIB
Hati-Hati, Handuk Dapur Bisa Menyebabkan Hal Ini - JPNN.COM
Handuk dapur. Foto: Istimewa

jpnn.com - Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan untuk American Society for Microbiology menemukan bahwa handuk yang biasa Anda gunakan untuk mengelap tangan di dapur, bisa membawa patogen yang berpotensi menyebabkan keracunan makanan.

Beberapa faktor berkontribusi terhadap peningkatan bakteri yang ditemukan pada handuk, termasuk ukuran keluarga dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Peneliti mengumpulkan 100 handuk setelah satu bulan digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 49 persen dari mereka memiliki pertumbuhan bakteri.

Angka-angka itu meningkat ketika faktor-faktor lain dipertimbangkan, termasuk menggunakan handuk untuk berbagai tujuan.

Penelitian menunjukkan, risiko handuk yang terkontaminasi dengan bakteri seperti E. coli lebih tinggi pada handuk lembab, handuk serba guna dan dalam keluarga dengan diet non-vegetarian.

"Data menunjukkan bahwa praktik tidak higienis saat menangani makanan non-vegetarian bisa umum di dapur," kata penulis utama studi, Dr. Susheela D. Biranjia-Hurdoyal, dosen senior di Departemen Ilmu Kesehatan di University of Mauritius, seperti dilansir laman MSN.

Departemen Pertanian AS (USDA) menyarankan langkah-langkah ini untuk menghindari keracunan makanan melalui handuk dapur Anda:

1. Cuci tangan Anda

Penelitian menunjukkan, risiko handuk yang terkontaminasi dengan bakteri seperti E. coli lebih tinggi pada handuk lembab, handuk serba guna dan dalam keluarga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close