Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hati-hati, Ini 5 Aplikasi Android yang Bisa Bocorkan Data Penggunanya

Senin, 24 Mei 2021 – 13:35 WIB
Hati-hati, Ini 5 Aplikasi Android yang Bisa Bocorkan Data Penggunanya - JPNN.COM
Logo Android. ilustrasi. Foto: Lifehacker

jpnn.com, JAKARTA - Tim keamanan siber Check Point Research mengatakan banyak aplikasi Android populer yang bisa membocorkan data pribadi pengguna. 

Laporan tersebut menyoroti beberapa kelemahan keamanan yang memengaruhi 23 aplikasi berbeda yang tersedia di Google Play Store.

Dikutip dari Lifehacker, Selasa (24/5), tim siber itu juga menyebut, masing-masing aplikasi itu sudah diunduh sebanyak 50 ribu hingga 10 juta kali.

Sebagian besar aplikasi tersebut dilaporkan telah mengumpulkan dan menyimpan informasi pengguna, data pengembang, sumber daya internal perusahaan menggunakan database hingga layanan penyimpanan cloud tidak aman untuk aplikasinya.

Tim keamanan tersebut juga menemukan database cloud tidak aman dari 13 aplikasi. Dia menyebut pihak ketiga yang tidak dikenal itu bisa mengakses cloud tersebut.

Dia juga menemukan satu atau lebih dari kekurangan ini di 23 aplikasi tersebut. Dan 13 di antaranya memiliki database real-time yang dapat diakses secara terbuka.

Namun, laporan tersebut hanya menyebut lima dari aplikasi ini yang mengalami masalah. Berikut nama aplikasi Android.

1. Astro Guru

Aplikasi horoskop sudah diunduh lebih dari 10 juta. Aplikasi itu menyimpan nama lengkap setiap pengguna, tanggal lahir, jenis kelamin, lokasi GPS, alamat email, dan informasi pembayaran.

Tim keamanan siber Check Point Research mengatakan banyak aplikasi Android populer yang bisa membocorkan data pribadi pengguna.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close