Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Heboh Penemuan Fosil Gajah Purba di Indramayu

Kamis, 16 Januari 2020 – 18:53 WIB
Heboh Penemuan Fosil Gajah Purba di Indramayu - JPNN.COM
Ketua TACB Indramayu Dedy S Musashi (kanan) saat menunjukkan fosil gajah purba yang ditemukan di Desa Cikawung, Kabupaten Indramayu. Foto: ANTARA/Ho TACB

jpnn.com, INDRAMAYU - Warga Desa Cikawung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menemukan fosil gajah purba atau Stegodon.

"Fosil gajah purba yang ditemukan ini memiliki panjang 32 centimeter dan lingkar tulang 22 centimeter" kata Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Indramayu Dedy S Musashi, Kamis (16/1).

Dedy mengatakan, setelah adanya informasi temuan tersebut, TCB langsung konsultasi dengan peneliti utama di Balai Arkeologi Bandung. Dari keterangannya dapat dipastikan sebagai fosil hewan vertebrata jenis stegodon atau gajah purba.

Setelah mendapatkan informasi ditemukannya fosil tulang hewan vertebrata, tim TACB Indramayu bersama Kasi Cagar Budaya Disparbud Kabupaten Indramayu Tinus Suparto, menyusur ke lokasi sekitar temuan dengan radius 1 kilometer.

"Dari hasil survei awal, kami juga menemukan serpihan tulang dan taring hewan termasuk banyak ditemukan molusca yang banyak menempel di dinding batu," ujarnya.

Dedy mengemukakan, untuk fosil gajah purba yang ditemukan warga itu langsung diamankan ke tempat yang aman, agar terhindar dari para pemburu fosil ilegal.

"Saat ini fosilnya kami amankan dahulu di lokasi yang aman, agar terhindar dari buruan pemburui fosil ilegal," ujar Dedy.

Terkait dengan temuan tersebut, TACB Kabupaten Indramayu sudah melaporkan kepada Balai Bandung dan Balai Pelestarian Cagar Budaya di Banten. Dari laporan ini akan ditindaklanjuti ke Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran.

Fosil gajah purba diperkirakan hidup pada masa pleistocen awal atau sekitar 1,5 juta tahun yang lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close