Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Heran Lihat Harga Gabah dan Beras, Jokowi: Ini yang Untung Siapa? Dicari!

Selasa, 21 April 2020 – 14:38 WIB
Heran Lihat Harga Gabah dan Beras, Jokowi: Ini yang Untung Siapa? Dicari! - JPNN.COM
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo merasa heran dengan anomali harga bahan pokok pangan, seperti beras yang mengalami kenaikan di pasar. Sementara, harga gabah di petani mengalami penurunan.

"Saya lihat di lapangan harga gabah kering turun 5 persen, tetapi harga berasnya naik 0,4 persen. Ini ada apa? Tolong dilihat betul lapangannya. Lapangannya dicek betul. Ini pasti ada masalah. Kalau harga gabah kering giling turun, mestinya harga berasnya juga ikut turun," kata Jokowi, membuka rapat terbatas tentang Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (21/4).

Jokowi mengatakan fenomena perbedaan harga ini sangat merugikan petani dan masyarakat.

Oleh karena itu, Jokowi meminta Kementerian Perdagangan turun ke lapangan untuk mencari tahu penyebab kenaikan harga ini.

"Petaninya enggak dapat untung, harga berasnya naik, masyarakatnya dirugikan. Ini yang untung siapa? Dicari," kata Jokowi.

Di samping itu, Jokowi juga melihat kenaikan harga terhadap sejumlah komoditas pangan. Bahkan, kenaikan itu terjadi terhadap gula yang selama ini harganya tidak pernah bergerak.

"Minggu kedua April, saya lihat yang masih naik harga daging sapi, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula, dan harga yang turun daging ayam," kata Jokowi. (tan/jpnn)

Presiden Jokowi merasa heran dengan anomali harga bahan pokok pangan, seperti beras yang mengalami kenaikan di pasar, sementara harga gabah di petani mengalami penurunan.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close