Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HIPMI Punya Cara Jitu Bikin UMK Naik Kelas, Begini

Jumat, 22 Juli 2022 – 20:57 WIB
HIPMI Punya Cara Jitu Bikin UMK Naik Kelas, Begini - JPNN.COM
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Sekretaris Jenderal BPP HIPMI Bagas Adhadirgha saat memberikan NIB di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatra Utara. Foto: Humas HIPMI

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendukung pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) perorangan naik kelas usai terima Nomor Induk Berusaha (NIB) dari Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Sebelumnya, Menteri Bahlil memberikan NIB kepada delapan dari 550 pelaku UMK yang hadir di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatra Utara, Jumat (22/7).

Bahlil mengatakan Kementerian Investasi/BKPM terus berkomitmen melakukan percepatan perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS).

"Melalui sistem OSS ini, pelaku usaha khususnya UMK akan memperoleh kepastian dan percepatan izin usaha tanpa biaya. Apalagi, fasilitas kredit perbankan belum dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku UMKM," ujar Bahlil.

Menurut Bahlil, hal tersebut karena masih banyaknya UMKM yang belum memiliki legalitas usaha sehingga tidak dapat memperoleh akses perbankan.

“Kalau pelaku UMK tidak punya izin maka perbankan tidak bisa menyalurkan kredit. Itu tanggung jawab kami membuat izin gratis melalui sistem OSS, agar pelaku UMK mendapat fasilitas pendanaan dari perbankan,” ucap Bahlil.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal BPP HIPMI Bagas Adhadirgha mengatakan program kemudahan perizinan melalui OSS Kementerian Investasi / BKPM sudah berjalan baik di semua Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, HIPMI turut dilibatkan untuk ikut mengawal dan terjun langsung dalam membantu proses kemudahan ijin usaha bersama pemerintah daerah seluruh Indonesia.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendukung pelaku UMK perorangan naik kelas usai terima NIB dari Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close