Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hiu Purba Bertampang Mengerikan Muncul di Perairan Australia

Selasa, 20 Januari 2015 – 18:02 WIB
Hiu Purba Bertampang Mengerikan Muncul di Perairan Australia - JPNN.COM

Hiu berjumbai (hiu purba dengan ujung belakang menggantung)  dengan tampang mengerikan, yang jarang ditemui, telah muncul di perairan tenggara negara bagian Victoria.

Spesies, yang leluhurnya berasal dari 80 juta tahun lalu ini, dikenal sebagai 'fosil hidup. "

Ia tertangkap oleh pukat nelayan di perairan dekat Danau ‘Entrance’, wilayah Gippsland, Victoria.

Hiu Purba Bertampang Mengerikan Muncul di Perairan Australia

Simon Boag dari Asosiasi Pukat Ikan Victoria mengatakan, ini adalah pertama kalinya hiu berjumbai terlihat oleh penduduk lokal generasi sekarang.

"Kami tak bisa menemukan satu nelayan-pun yang pernah melihat makhluk ini sebelumnya. Ia memang terlihat berusia 80 juta tahun. Kelihatannya prasejarah, seperti berasal dari jaman yang berbeda!," ujar Simon.

Ia mengatakan, nelayan setempat terheran-heran saat melihat makhluk sepanjang dua meter ini, yang kepala dan tubuhnya menyerupai belut, tapi ekornya mengingatkan kita pada hiu.

Lembaga Penelitian dan Ilmu Pengetahuan Australia ‘CSIRO’ mengkonfirmasi bahwa makhluk ini adalah hiu berjumbai. Walau spesies ini telah dikenali oleh masyarakat ilmiah, namun ia merupakan spesies langka dan aneh bagi nelayan setempat.

Hiu berjumbai (hiu purba dengan ujung belakang menggantung)  dengan tampang mengerikan, yang jarang ditemui, telah muncul di perairan tenggara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close