Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HNW Bicara soal Pentingnya Ormas Islam Melanjutkan Kontribusi Membangun Peradaban Bangsa

Senin, 09 Agustus 2021 – 20:15 WIB
HNW Bicara soal Pentingnya Ormas Islam Melanjutkan Kontribusi Membangun Peradaban Bangsa - JPNN.COM
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. H. M Hidayat Nur Wahid, MA. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, mengatakan peran para ulama, pesantren, dan ormas-ormas Islam sejak dahulu sangat penting dalam mewujudkan peradaban bangsa dan kemerdekaan Indonesia.

"Oleh karena itu sudah sewajarnya jika ormas-ormas Islam dan pesantren, menjadi pelanjut kiprah mereka dalam memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan peradaban Indonesia dan masyarakat Dunia," kata Hidayat Nur Wahid pada acara webinar dalam rangka Milad ke-50 Ormas dan Pesantren Hidayatullah secara virtual Minggu (8/8).

Hidayat mengingatkan kembali peran para ulama, pesantren, dan ormas Islam yang telah lama hadir berkiprah di nusantara. Seperti Pondok Pesantren Sidogiri yang berdiri sejak tahun 1745, begitu pula peran besar Syaikhona Kholil Bangkalan yang menjadi guru bagi para kiai pendiri pesantren dan ormas Islam dan menjadi pahlawan nasional dan bapak-bangsa Indonesia.

Selanjutnya, ada KH Ahmad Dahlan yang mendirikan Muhammadiyah (1912),  KH. Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama (1926). Maka wajarlah jika peran dan sejarah emas tersebut melahirkan situasi kondusif bagi penerimaan publik terhadap pesantren, dakwah, dan ormas ahlussunnah wal jamaah.

Termasuk, katanya, memudahkan jalan bagi lahir dan diterimanya lembaga kepesantrenan dan Ormas Hidayatullah di tengah masyarakat yang terus berkembang kiprahnya hingga berusia 50 tahun dan memiliki lebih dari 600 cabang di seluruh Indonesia.

Wakil ketua Majelis Syura PKS itu menyampaikan, sejarah juga mencatat perjuangan para ulama, warga pesantren, dan ormas-ormas Islam dalam mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Semua itu  merupakan fakta yang diterima masyarakat secara luas.

"Pada hari ini masyarakat semakin mengerti, bagaimana peranan para ulama, pesantren, dan ormas-ormas Islam, dalam mewujudkan Indonesia merdeka dan menghadirkan budaya bangsa," ucap politikus yang disapa dengan inisial HNW itu.

Anggota Komisi VIII DPR itu juga menyampaikan bahwa sejarah telah mencatat komitmen umat Islam dalam merawat negara dan memajukan peradaban bangsa sebagai sumbangsih bagi kemajuan peradaban dunia sebagaimana disepakati dalam Piagam Jakarta, atas prinsip yang moderat, kooperatif, demokratis, rahmatan lil ‘alamin.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid Hidayat Nur Wahid berbicara dalam acara webinar dalam rangka Milad ke-50 Ormas dan Pesantren Hidayatullah secara virtual Minggu (8/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close