Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HNW: Sudah Semestinya Umat Islam Menjadi Penjaga NKRI 

Sabtu, 19 Desember 2020 – 22:06 WIB
HNW: Sudah Semestinya Umat Islam Menjadi Penjaga NKRI  - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Dr HM Hidayat Nur Wahid, MA melakukan pertemuan pada Temu Tokoh Nasional-Keagamaan, kerja sama MPR dengan Forum Masjid dan Musalah se-Jakarta Pusat secara daring. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Hari ini, 72 tahun yang lalu, bangsa Indonesia menghadapi peristiwa genting yang nyaris melumat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Saat itu, 19 Desember 1948, Belanda menangkap pemimpin nasional  Indonesia seperti, Ir. Soekarno, Mohamad Hatta dan Muhamad Syahrir, setelah melancarkan agresi militer kedua di Yogyakarta.

Keberhasilan tersebut digunakan oleh kolonialis melancarkan propaganda kepada dunia, dengan mengatakan bahwa Indonesia sudah mereka kalahkan dan kuasai kembali. 

Belanda tidak sadar, beberapa saat sebelum menawan Dwi Tunggal, para pemimpin itu sudah melakukan pertemuan membahas masa depan Indonesia.

Dalam kesempatan sempit itu Soekarno-Hatta mengambil dua keputusan penting.

Pertama, memberi mandat kepada Menteri Kemakmuran Mr. Sjafruddin Prawiranegara  membentuk pemerintahan darurat di Sumatera.

Kedua, jika gagal, maka mandat diberikan kepada Mr. A. A. Maramis untuk mendirikan pemerintah dalam pengasingan di New Delhi, India. 

Mandat tersebut dikirimkan oleh Abdurrahman Baswedan dalam bentuk telegram.

Berkat keberhasilan Mr. Sjafruddin mendirikan PDRI, klaim dan propaganda Belanda yang menyatakan Indonesia telah bubar serta dapat mereka kuasai, gugur dengan sendirinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close