Huawei Mate 30 Pro Diklaim Bebas dari Komponen Milik Amerika Serikat

Rabu, 04 Desember 2019 – 13:37 WIB
Huawei Mate 30 Pro Diklaim Bebas dari Komponen Milik Amerika Serikat - JPNN.COM
Huawei Mate 30 Pro. Foto: Ridha/JPNN

jpnn.com, TIONGKOK - Huawei makin kuat memosisikan mandiri dari ketergantungan terhadap Amerika Serikat. Laporan Wall Street Journal, Huawei Mate 30 Pro diklaim sudah tanpa dukungan komponen dari perusahaan AS

Bukan tanpa alasan, Huawei masih masuk dalam daftar hitam perdagangan AS.

Melansir The Verge (4/12), analisis UBS dan Fomalhaut Techno Solutions mengatakan, Huawei Mate 30 Pro tidak mengandung komponen Amerika sama sekali, Huawei tampaknya telah menemukan pemasok non Amerika untuk beberapa komponen penting lainnya.

Misalnya, saat ini mereka mendapatkan sumber audio amplifier dari NXP, perusahaan asal Belanda yang menggantikan Cirrus Logic. Mereka juga mengandalkan sepenuhnya pada divisi semikonduktor HiSilicon untuk Wi-Fi dan chip Bluetooth daripada menggunakan milik Broadcom.

Tak hanya itu, Huawei menggandeng perusahaan lain, seperti Murata dari Jepang dan MediaTek dari Taiwan untuk bagian lain yang sebelumnya dipasok oleh pabrikan Amerika.

Huawei disebut memiliki preferensi yang jelas untuk terus mengintegrasikan dan membeli komponen dari mitra pemasok Amerika.

"Jika itu terbukti mustahil karena keputusan pemerintah Amerika, kami tidak akan punya pilihan selain mencari pasokan alternatif dari sumber-sumber non-Amerika," ungkap perwakilan Huawei.

Namun, hingga saat ini Huawei mengaku belum dapat melepaskan sepenuhnya pemasok komponen dari Amerika. Perusahaan asal Tiongkok itu menjelaskan telah menimbun komponen untuk mengantisipasi sanksi.

loading...