Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Human Initiative Berhasil Berdayakan Warga Jadi Sukarelawan Tangguh Bencana

Kamis, 03 Oktober 2024 – 10:10 WIB
Human Initiative Berhasil Berdayakan Warga Jadi Sukarelawan Tangguh Bencana - JPNN.COM
Human Initiative sebagai organisasi kemanusiaan berhasil mendorong pembentukan sukarelawan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa (Kalurahan) Argomulyo, Kecamatan Caringin, Sleman, Yogyakarta. Foto: Dok. Human Initiative

jpnn.com, YOGYAKARTA - Human Initiative sebagai organisasi kemanusiaan berhasil mendorong pembentukan sukarelawan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa (Kalurahan) Argomulyo, Kecamatan Caringin, Sleman, Yogyakarta.

Supriyono (61), sukarelawan Destana Argomulyo menjelaskan semua itu berawal sejak menjadi korban erupsi Merapi pada 2010.

"Awalnya warga itu kalau ada erupsi, bukan evakuasi, tetapi malah menonton. Ini karena desa kamu radiusnya lumayan jauh dari kawah Merapi," kata Supriyono.

Akan tetapi, semua kebiasaan tersebut berubah saat erupsi Merapi yang menghabiskan desa.

Sejak 2010, warga mulai ada yang peduli dan siap siaga ketika ada erupsi.

"Awalnya cuma beberapa orang, lalu didorong sama Human Initiative sampai bisa seperti ini," lanjutnya.

Menurut Supriyono Destana Argomulyo, kini pihaknya sering menerima tamu dari berbagai daerah bahkan dari mancanegara, seperti dari Singapura atau Australia.

Sementara itu, Kepala Desa (Kalurahan) Argomulyo, Danang Hendri Bintoro mengatakan sukarelawan Destana di wilayah tangguh setelah sebagian besar mengalami erupsi Gunung Merapi pada 2010.

Human Initiative sebagai organisasi kemanusiaan berhasil mendorong pembentukan sukarelawan Destana di Desa Argomulyo, Caringin, Sleman, Yogyakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA