Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HUT Ke-77 Kemnaker, Wamenaker Afriansyah Titip Pesan untuk Jajaran Karyawannya

Kamis, 25 Juli 2024 – 17:35 WIB
HUT Ke-77 Kemnaker, Wamenaker Afriansyah Titip Pesan untuk Jajaran Karyawannya - JPNN.COM
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah berharap HUT ke-77 Kemnaker itu menjadi momentum untuk merefleksikan kembali kontribusi Kemnaker. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merayakan upacara peringatan HUT ke-73 di ruang Tridarma, Jalan Gatot Subroto, Kavling 51, Jakarta, Kamis (25/7).

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah berharap HUT ke-77 Kemnaker itu menjadi momentum untuk merefleksikan kembali kontribusi Kemnaker dalam sejarah perjalanan pembangunan nasional dan perkembangan bangsa Indonesia.

"Refleksi ini sangatlah penting agar Kemnaker mampu menjadi organisasi publik yang terus berkembang dan terus relevan dalam menjawab berbagai persoalan bangsa," ujar Afriansyah Noor.

Sejarah panjang Kemnaker bermula pada 19 Agustus 1945 saat rapat PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) untuk penetapan jumlah Kementerian di awal Republik Indonesia berdiri.

Saat itu, urusan ketenagakerjaan masih berada di bawah Kementerian Sosial (Kemensos).

Selanjutnya pada 25 Juli 1947, barulah berdiri Kementerian Perburuhan.

Setelah Indonesia Serikat berakhir, struktur organisasi Kementerian Perburuhan kemudian disempurnakan pada 1951.

"Di sinilah mulai tampak kelengkapan struktur organisasi Kementerian sampai tingkat daerah dengan uraian tugas yang jelas. Pada masa transisi 1966-1969, Kementerian Perburuhan kemudian berubah nama menjadi Departemen Tenaga Kerja (Depnaker)," ujarnya.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah berharap HUT ke-77 Kemnaker itu menjadi momentum untuk merefleksikan kembali kontribusi Kemnaker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA