Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

iCommunity Menggagas Indonesia Digital Transformation Forum

Minggu, 26 Februari 2023 – 22:36 WIB
iCommunity Menggagas Indonesia Digital Transformation Forum - JPNN.COM
Platform iCommunity menggagas forum diskusi bagi para pebisnis, yaitu Indonesia Digital Transformation Forum. Foto dokumentasi iCommunity

jpnn.com, JAKARTA - Teknologi digital berpeluang besar tetap digunakan pascpandemi Covid-19 ini. Hal itu pula yang mendasari platform icommunity menggagas forum diskusi, Indonesia Digital Transformation Forum.

Juanda Rovelim, Founder icommunity mengatakan sejak pandemi Covid-19 banyak perusahaan bertransformasi secara digital.

Jika merunut ke belakang sebelum ada rencana evolusi industri ketiga, yaitu information technology (IT), setiap perusahaan dituntut memberikan informasi teknologi (IT) . 

"Saat ini adalah revolusi industri keempat, lebih ke digital platform transformation, IoT (internet of thing), Blockchain dan lainnya," kata Juanda Rovelim dalam forum diskusi, Indonesia Digital Transformation Forum, Sabtu (25/2).

Juanda mengakui hal ini masih baru di Indonesia, dan belum lama ini ramai-ramai soal Chat GPT. Itu adalah bagian dari Artificial Intelligence (Ai) dan ke depan makin banyak platform digital yang makin ekstrem, mungkin bisa menggantikan berapa lagi yang hilang.

Kalau zaman information technology, pekerjaan yang standar dan rutinitas itu sudah hilang. Contohnya, penjaga kasir, penjaga pintu tol, penjaga parkir dan lainnya yang kini digantikan sebuah sistem.

Lanjutnya, dengan adanya kecerdasan buatan, IoT dan lainnya, mungkin profesi seniman akan hilang. Sebab, Ai bisa mendesain, bisa menggantikan penulis karena Ai bisa bikin tulisan-tulisan.

“Itu yang kami ingin angkat, jadi, jangan sampai telat. Harus diciptakan forum untuk pelaku industri berdiskusi, berkolaborasi menghadapi perubahan transformasi digital,” tuturnya.

iCommunity menggagas Indonesia Digital Transformation Forum. Apa tujuannya? Simak pernyataan Juanda Rovelim, Founder i-Community

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close