Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ibu Hamil Berpuasa, Kenapa Tidak?

Makan Buah Utuh, Jangan Jus

Kamis, 11 Juli 2013 – 07:01 WIB
Ibu Hamil Berpuasa, Kenapa Tidak? - JPNN.COM
Wanita hamil. Getty Images
BULAN puasa atau Ramadan seringkali membawa kebingungan bagi mereka yang tengah hamil, lansia, dan memiliki penyakit tertentu. Padahal, asal asupan makanan bergizi cukup dan dengan porsi yang tepat, semua bisa beribadah dengan tenang, tanpa harus takut kesehatan mereka terganggu.

Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan jika ibu hamil atau orang berpenyakit tertentu ingin beri badah puasa. Tidak bisa sembarangan. Sebaiknya, lakukan dulu kontrol dan berkonsultasi dengan dokter, agar mendapatkan pandangan yang tepat.

Hal itu diungkapkan Dr Taufik Jamaan, SpOG dalam sebuah seminar kesehatan yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Jakarta, belum lama ini. Apakah ibu hamil wajib melakukan puasa?

’’Ini adalah pertanyaan yang sering kali muncul menjelang puasa Ramadan. Mungkin banyak artikel atau ahli yang mengutarakan bahwa puasa masih aman untuk ibu hamil. Tetapi alangkah lebih bagusnya bila kita sedikit mengupas perubahan apa yang terjadi selama kehamilan dan perubahan apa yang terjadi pada saat ibu hamil menjalankan ibadah puasa,’’ ulas Taufik.

Sehingga, sambungnya, ibu hamil mempunyai alasan yang rasional pada saat memutuskan menjalankan ibadah puasa pada saat hamil. Dia jelaskan, bahwa selama kehamilan tubuh ibu mengalami berbagai macam adaptasi dalam rangka menyesuaikan diri dengan kondisi kehamilannya dan mempersiapkan diri pada saat persalinan.

BULAN puasa atau Ramadan seringkali membawa kebingungan bagi mereka yang tengah hamil, lansia, dan memiliki penyakit tertentu. Padahal, asal asupan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close