Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ibu Hamil juga Penting Jaga Keselamatan dengan Protokol Covid-19

Kamis, 15 Oktober 2020 – 11:11 WIB
Ibu Hamil juga Penting Jaga Keselamatan dengan Protokol Covid-19 - JPNN.COM
Ilustrasi logo seseorang hamil. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Spesialias Obstetri dan Ginekologi RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta dr. Kathleen Juanita Gunawan menyarankan ibu hamil sedapat mungkin diam di rumah untuk menjaga kesehatan janinnya di masa pandemi. Apabila tidak ada hal yang mendesak, seperti kontrol rutin ke rumah sakit, Kathleen meminta para ibu hamil tidak keluar rumah.

Kathleen menjelaskan bagi ibu hamil dengan risiko kehamilan rendah untuk cek kehamilan minimal enam kali, yakni di bawah tiga bulan, trimester kedua sekitar tujuh bulan, dan di atas tujuh bulan sampai melahirkan. 

Sedangkan untuk ibu hamil berisiko tinggi, seperti memiliki penyakit diabetes, hipertensi atau asma, perlu lebih sering melakulan pengecekan untuk memastikan kondisi kesehatan kandungannya. 

Termasuk juga ibu yang punya riwayat kehamilan sebelumnya berisiko misalnya bayi meninggal dalam kandungan, lahir prematur, atau gangguan pertumbuhan perlu kontrol lebih sering.

"Jangan sampai kondisi Covid-19 ini ibu takut untuk melakukan pengecekan kehamilan terutama tiga bulan akhir menjelang persalinan yang berdampak pada kesehatan janin dalam kandungannya," kata Kathleen dalam talkshow "Perlindungan Ibu, Anak, dan Balita dari Covid-19 di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Rabu (13/10).

Kathleen mengatakan sampai saat ini belum ada rekomendasi bagaimana cara paling aman proses persalinan mencegah Covid-19. Namun, kembali pada indikasi apakah ada gejala pada ibu hamil atau bayi yang harus dilakukan tindakan. 

Selain rutin kontrol kesehatan, ibu hamil diminta patuh menerapkan protokol kesehatan untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya. Biasakan pakai masker jika keluar rumah, jaga jarak dan hindari kerumunan, serta cuci tangan pakai sabun di air mengalir. 

"Sebisa mungkin tetap di rumah, kecuali keluar untuk memeriksakan kesehatan kandungan," papar Kathleen.

Para ibu hamil disarankan untuk diam di rumah di masa pandemi Covid-19 ini. Protokol kesehatan Covid-19 juga dianggap penting untuk diterapkan para ibu hamil demi keselamatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close