Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ibu-ibu, Kenali Gejala Epilepsi yang Bisa Muncul Kapan Saja

Senin, 29 Maret 2021 – 13:29 WIB
Ibu-ibu, Kenali Gejala Epilepsi yang Bisa Muncul Kapan Saja - JPNN.COM
Ilustrasi epilepsi. Foto: iStok

jpnn.com - Tak semua orang tahu mengenai penyebab munculnya penyakit epilepsi yang sering juga diderita anak-anak.

Menurut dokter Heri Subianto, Dokter Spesialis Bedah Saraf Konsultan Fungsional, Epilepsi dan Bedah Epilepsi menjelaskan ada sejumlah faktor risiko yang memengaruhi terjadinya epilepsi.

"Faktor resikonya bisa karena didapat atau memang karena kelainan tertentu. Kalau didapat kelainan epilepsi berasal dari gen dan kromosom," ujar Dokter Heri Subianto.

Faktor selanjutnya, ialah infeksi pada otak, biasanya ditandai dengan panas tinggi dan mengalami infeksius hingga ke otak.

"Bisa juga disebabkan trauma pada otak, hal ini biasanya terjadi ketika otak mengalami benturan saat kecelakaan. Terutama bagi pengendara motor sangat penting menggunakan helm untuk melindungi kepala," imbuhnya.

Faktor risiko lainnya, epilepsi sering terkait dengan trauma pada saat kehamilan atau pascakelahiran. Trauma pada saat kehamilan, misalnya sempat mengalami panas tinggi saat kehamilan.

"Atau saat proses kelahiran, bayinya tidak keluar-keluar, hal tersebut bisa mengganggu aliran darah ke otak yang dapat menyebabkan konsleting di otak," sambungnya.

Dokter Heri Subianto menambahkan, epilepsi merupakan penyakit kelainan otak yang ditandai dengan kejang berulang. Hal ini disebabkan karena adanya konsleting pada otak.

Epilepsi merupakan penyakit kelainan otak yang ditandai dengan kejang berulang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close