Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ICW Ingatkan Kampanye jadi Ajang Cuci Uang

Kamis, 20 November 2008 – 21:17 WIB
ICW Ingatkan Kampanye jadi Ajang Cuci Uang - JPNN.COM
JAKARTA - Indonesian Corruption Watch mengingatkan agar pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperhatikan dengan cermat celah-celah korupsi dalam penggunaan dana kampanye. Pasalnya, bukan tidak mungkin kampanye justru menjadi ajang pencucian uang dari dana yang dijarah baik di BUMN maupun BUMD.

Koordinator Bidang Korupsi Politik ICW, Adnan Topan Husodo, dalam jumpa pers di kantor KPU, Jakarta, Kamis (20/11), menyatakan, hingga saat ini korupsi dana kampanye belum jadi perhatian pemerintah. “Ini sangat disayangkan, karena potensi korupsi dana kampanye maupun jadi sarana pencucian uang terbuka sangat lebar,” ujarnya.

Menurutnya, ICW sangat menyayangkan lambatnya KPU untuk membuat aturan yang secara rinci mengatur secara teknis dan rinci tentang pencatatan, pelaporan, dan audit dana kampanye. “Padahal kampanye sudah berlangsung sejak Juni 2008,” sambung Topan.

Karenanya ICW menilai isu dana kampanye belum jadi bagian dari kebijakan korupsi pemerintah. ''Harusnya ini jadi pondasi untuk mendorong pemenang pemilu adalah pemenang yang benar-benar teruji transparansi dan akuntabilitasnya,'' tandanya.

JAKARTA - Indonesian Corruption Watch mengingatkan agar pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperhatikan dengan cermat celah-celah korupsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA