Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Identitas ODP-PDP Corona Sebaiknya Dirahasiakan

Rabu, 01 April 2020 – 11:38 WIB
Identitas ODP-PDP Corona Sebaiknya Dirahasiakan - JPNN.COM
Ketua Komisi Informasi Bangka Belitung Eko Tejo Marvianto. Foto: Antara

jpnn.com, PANGKALPINANG - Ketua Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Eko Tejo Marvianto meminta Gugus Tugas COVID-19 dan kalangan media untuk selalu merahasiakan informasi pribadi warga yang terpapar virus Corona.

Eko memandang penting menjaga kerahasiaan informasi pribadi dan rekam medik warga yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), suspect, dan pasien positif.

Hal itu, menurut dia, disebabkan informasi tersebut dikategorikan sebagai informasi dikecualikan yang bersifat ketat dan terbatas.

"Bahkan kerahasiaan informasi pribadi warga yang sudah dinyatakan sembuh dari virus itu juga perlu dijaga," katanya dilansir Antara, Rabu (1/4).

Informasi pribadi itu perlu dilindungi, dan hanya bisa dibuka atas izin yang bersangkutan atau berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Informasi pribadi itu hanya dapat diakses secara terbatas oleh pemerintah, kemudian dipergunakan selayaknya untuk kepentingan pencegahan dan mitigasi bencana.

Oleh karena itu, Komisi Informasi terus mendorong Gugus Tugas COVID-19 di seluruh tingkatan dan pemerintah daerah untuk menyampaikan informasi mengenai perkembangan dan penanganan virus itu secara benar, akurat, dan tidak menyesatkan.

Namun, pihaknya juga meminta Gugus Tugas dan pemerintah daerah tidak menunda untuk menyampaikan informasi yang ada karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan ketertiban umum.

Gugus Tugas COVID-19 dan kalangan media sebaiknya merahasiakan informasi pribadi warga yang terpapar virus Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close