Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IFRA, DAI, dan AFFI Temukan Solusi Berkelanjutan bagi Industri Minyak Atsiri

Selasa, 07 Maret 2023 – 21:52 WIB
IFRA, DAI, dan AFFI Temukan Solusi Berkelanjutan bagi Industri Minyak Atsiri - JPNN.COM
International Fragrance Association (IFRA) yang berbasis di Swiss, bersama dengan Dewan Atsiri Indonesia (DAI) dan Asosiasi Flavor dan Fragran Indonesia (AFFI). Foto: Dok IFRA

jpnn.com, JAKARTA - International Fragrance Association (IFRA) yang berbasis di Swiss, bersama dengan Dewan Atsiri Indonesia (DAI) dan Asosiasi Flavor dan Fragran Indonesia (AFFI) menjalin kemitraan.


Ketiga lembaga itu sepakat untuk mengembangkan dan mendokumentasikan studi kasus praktik untuk sumber daya nilam yang berkelanjutan di Indonesia. 

Ketua Dewan Atsiri Indonesia Irdika Mansur sepakat proyek kolaboratif itu bertujuan untuk mengatasi masalah keberlanjutan di seluruh rantai nilai fragran melalui kerja sama dengan industri minyak atsiri, dan fokus khusus pada nilam dan produk turunannya.

 "Proyek ini akan melibatkan pelaku industri, lembaga akademik dan penelitian, komunitas lokal, serta petani dari berbagai daerah di Indonesia, guna memastikan keberhasilan dalam implementasinya," ujar Irdika saat penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) Sustainable Patchouli, di Jakarta, Selasa (7/3).

 Irdika Mansur juga mengatakan bahwa kerja sama multipihak ini merupakan langkah strategis DAI dalam memajukan industri minyak atsiri sebagai penyedia bahan baku utama untuk perisa dan wewangian di Indonesia. 

"Proyek nilam ini akan menguntungkan semua pemangku kepentingan di industri minyak atsiri," tambahnya.

Sebagai tanda dimulainya kemitraan, para wakil ketiga pihak telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Sustainable Patchouli, yaitu Ketua Dewan Atsiri Indonesia Irdika Mansur, Presiden IFRA, Martina Bianchini, dan Presiden AFFI Hanny Wijaya.

Presiden IFRA Martina Bianchini menyatakan berkomitmen jangka panjang terhadap penggunaan wewangian yang aman dalam kehidupan sehari-hari.

International Fragrance Association (IFRA) yang berbasis di Swiss, bersama dengan Dewan Atsiri Indonesia (DAI) dan Asosiasi Flavor dan Fragran Indonesia (AFFI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close