Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ikan Sarden Terancam Punah

Pencemaran Laut Timor Sangat Parah

Senin, 11 Januari 2010 – 11:28 WIB
Ikan Sarden Terancam Punah - JPNN.COM
KUPANG- Ketua Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB), Ferdi Tanoni menjelaskan parahnya pencemaran yang terjadi di laut Timor tidak hanya merusak ekologis laut. Akan tetapi, dikhawatirkan juga membuat kepunahan kepada spesis tertentu dari potensi kekayaan laut tersebut.

Ferdi Tanoni mencontohkan kegiatan memancing selama beberapa tahun terakhir di Oecusse sampai bulan September 2009 relatif stabil, dapat diandalkan dan dapat diramalkan. Namun kata dia, pada minggu kedua bulan September 2009 hasil tangkapan menurun tajam sekurang-kurangnya 50 persen dan di beberapa lokasi lebih buruk dengan penurunan 70-80 persen sampai akhir Desember 2009.

Sementara pendapatan dan protein bagi masyarakat di Oecusse  selama bulan berjalan juga berkurang, menyebabkan kekurangan gizi pada anak-anak. Bangkai ikan yang diamati di bulan September/Oktober di daerah barat dan tengah, termasuk, cumi-cumi, hiu dan lumba-lumba ditemukan pertama kali oleh seorang nelayan tua dan pernah menyaksikan ikan lumba-lumba mati di pantai.

"Ikan lumba-lumba di sepanjang pantai seluruh Oecusse telah lenyap. Penampakan migrasi ikan paus untuk Oktober sampai Desember  2009  kurang dari 10 persen dibandingkan tiga tahun sebelumnya," imbuhnya.

KUPANG- Ketua Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB), Ferdi Tanoni menjelaskan parahnya pencemaran yang terjadi di laut Timor tidak hanya merusak ekologis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close