Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IKAPPI Sebut Pengendalian Harga Cabai Tak Cukup Hanya dengan Menanam di Polybag

Selasa, 07 November 2023 – 12:32 WIB
IKAPPI Sebut Pengendalian Harga Cabai Tak Cukup Hanya dengan Menanam di Polybag - JPNN.COM
Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan solusi dari Tito tersebut kurang tepat. Foto cabai: Elvi R/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta agar masyarakat menanam cabai di dalam polybag.

Hal itu sebagai salah satu langkah pengendalian inflasi karena harga cabai yang meningkat.

Menanggapi pernyataan Tito, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan solusi dari Tito tersebut kurang tepat.

“Saya pikir tidak ya, karena butuh proses menanam (di polybag) itu tidak instan hari ini tanam besok tumbuh bukan begitu,” ucap Mansuri saat dihubungi JPNN, Selasa (7/11).

Menurut dia, peran pemerintah justru harus mendorong dan memaksimalkan penguatan petani cabai ini bukan melakukan tanam dengan polybag.

“Itu baik, silakan saja ke depan, tetapi untuk saat ini bagaimana solusi untuk yang sedang dihadapi pedagang, ini yang harus dipikirkan oleh kementerian terkait,” tuturnya.

Adapun, Mansuri mengaku telah menyampaikan kepada Kepala Badan Pangan dan Kementerian Perdagangan terkait solusi yang mesti secepatnya diambil.

“Saat ini yang bisa dilakukan adalah mendistribusikan cabai dari wilayah-wilayah yang lebih (banyak stok) ke wilayah yang kekurangan seperti Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan seterusnya,” kata dia.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan solusi dari Tito tersebut kurang tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close