Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ikhtiar Bea Cukai Meningkatkan Kinerja Logistik Nasional Mendorong PEN

Kamis, 28 Januari 2021 – 22:30 WIB
Ikhtiar Bea Cukai Meningkatkan Kinerja Logistik Nasional Mendorong PEN - JPNN.COM
Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi saat menyampaikan arahan kepada jajarannya melalui konferensi video, Rabu (21/10). Foto: Humas DJBC

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggandeng sejumlah instansi untuk memperbaiki iklim investasi, meningkatkan kinerja logistik nasional, dan daya saing perekonomian.

Hal ini sebagai salah satu upaya implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Logistik Nasional.

Bea Cukai Batam bersinergi dengan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), menandatangani perjanjian kerja sama tentang penyelenggaraan kegiatan perizinan, pemasukan, dan pengeluaran barang.

Perjanjian ini ditandatangani langsung oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi dan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

“Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen, koordinasi, dan sinergi antara dua instansi dalam penyusunan kebijakan, mendukung efektivitas, pelayanan, pengawasan kegiatan pembongkaran, penimbunan, dan pemuatan di kawasan bebas Batam,” ujar Heru.

Perjanjian kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu dua tahun terhitung sejak tanggal penandatangan, dan dapat diperpanjang atau diakhiri berdasarkan kesekapatan tertulis antara Bea Cukai dan BP Batam.

Dalam perjanjian ini diatur mengenai pertukaran data perizinan, terkait dengan pemasukan dan pengeluaran dari dan ke kawasan bebas.

Serta realisasi pemasukan barang konsumsi untuk keperluan penduduk di kawasan dari luar daerah pabean.

Penandatanganan kerja sama ini diharapkan dapat kembali menarik minat investor untuk berinvestasi, mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close