Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ikhtiar Lestari Moerdijat Gandeng Pakar demi Gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat

Jumat, 25 Oktober 2019 – 23:02 WIB
Ikhtiar Lestari Moerdijat Gandeng Pakar demi Gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat - JPNN.COM
Lestari Moerdijat (tengah), penyintas kanker payudara, satu-satunya perempuan dari 10 pimpinan MPR periode 2019-2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengharapkan pemerintah menetapkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang juga pembina Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL) itu menyatakan, Ratu Kalinyamat punya jejak sejarah sebagai figur yang bervisi maritim dan berani melawan Portugis.

“Abad ke-16 sudah hadir Ratu Kalinyamat, perempuan hebat dengan visi besar sebagai pioner Nusantara menjadi poros maritim dunia dan perencana perang yang tangguh melawan Portugis di Selat Malaka," ujarnya sebagaimana siaran pers ke jpnn.com.

Dalam rangka memperjuangkan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional itu pula YDBL menggandeng Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jumat (25/10). YDBL dan FIB Undip menandatangani naskah kerja sama tentang kajian mengenai ketokohan dan nilai-nilai kepahlawanan ratu yang memimpin Kerajaan Jepara pada 1549 - 1579 itu.

Naskah kerja sama itu diteken oleh Lestari selaku perwakilan YDBL, serta Dekan FIB Undip DR Nurhayati M.Hum. Mbak Rerie -panggilan akrab Lestari- menuturkan, upaya mengusulkan nama Ratu Kalinyamat sebagai calon pahlawan nasional juga melalui kajian akademik.

Saat ini, katanya, naskah akademik mengenai Ratu Kalinyamat disusun oleh tim pakar pimpinan Profesor Ratno Lukito. Tim pakar itu juga melibatkan para sejarawan Undip, ahli komunikasi Universitas Indonesia, serta peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rerie menambahkan, YDBL bersama komponen masyarakat lainnya seperti Lesbumi NU, Yayasan Lembayung dan Yayasan Sultan Hadlirin tengah mendorong pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional bagi Ratu Kalinyamat. Saat ini di Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara juga telah didirikan Pusat Kajian Ratu Kalinyamat.

“Mengupayakan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional merupakan panggilan sejarah untuk menghadirkan muruah dan nilai-nilai perjuangan para peletak landasan dasar kebangsaan dalam keindonesiaan saat ini,” ujar Rerie yang juga berlatar belakang arkeolog.

Sementara Dekan FIB Undip Nurhayati menyatakan Ratu Kalinyamat telah berkontribusi bagi hadirnya embrio kebangsaan Indonesia dalam konteks kekinian. Menurutnya, pengorbanan Ratu Kalinyamat dalam melawan penjajahan Portugis di Nusantara menunjukkan semangat patriotismenya yang luar biasa.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengharapkan pemerintah menetapkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close