Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IKN Nusantara Akan Terapkan Smart City, Begini Penjelasannya

Jumat, 11 Maret 2022 – 07:15 WIB
IKN Nusantara Akan Terapkan Smart City, Begini Penjelasannya - JPNN.COM
Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan menjadi kota berkelanjutan dengan mengimplementasikan konsep smart city. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan ibu kota negara (IKN) Nusantara akan menjadi kota berkelanjutan dengan mengimplementasikan konsep smart city.

Sebab, IKN Nusantara tidak hanya akan menargetkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga akan bertumpu pada pembangunan sosial berkelanjutan.

Budi menjelaskan pembangunan sosial berkelanjutan menitikberatkan pada tiga hal, yaitu equity (persamaan), sense of community (rasa berkomunitas), dan urbanity (kekotaan yang dekat dengan aspek ekonomi).

Untuk itu mewujudkan hal tersebut maka pemerintah perlu mengimplementasikan konsep smart city.

"Kota cerdas dicirikan dengan penggunaan teknologi digital yang terintegrasi untuk mendorong kinerja pemerintah kota dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat kota," kata Budi Gunawan pada Kamis (10/3).

Sementara itu, Profesor Riset Henny Warsilah mengatakan target utama dari konsep smart city adalah menghasilkan kota layak huni, kemudahan akses pelayanan, dan nyaman secara sosial maupun lingkungan.

Selain itu, smart city juga mengubah tata kelola kota untuk menyejahterakan masyarakat.

“IKN harus menerapkan konsep smart city berbasis smart people, karena tanpa masyarakat yang cerdas maka kota itu akan menjadi kota yang mati atau kota bunuh diri,” ujar Henny.

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan menjadi kota berkelanjutan dengan mengimplementasikan konsep smart city.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close