Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Implementasi CCUS, Pertamina Lakukan Injeksi Perdana CO2 di Lapangan Sukowati

Kamis, 07 Desember 2023 – 21:36 WIB
Implementasi CCUS, Pertamina Lakukan Injeksi Perdana CO2 di Lapangan Sukowati - JPNN.COM
Kick Off Injeksi CO2 Huff & Puff di Lapangan Sukowati, Bojonegoro pada Kamis (07/12). Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, BOJONEGORO - PT Pertamina (Persero) kembali mengimplementasikan teknologi Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Lapangan Pertamina EP Sukowati Bojonegoro, Jawa Timur.

Hal ini dilakukan setelah sebelumnya Pertamina sukses melakukan injeksi perdana CO2 di Lapangan Jatibarang.

Milestone bersejarah program CCUS Pertamina ini ditandai dengan peresmian injeksi perdana CO2 ke Lapangan Sukowati menggunakan metode Huff & Puff yang dilakukan pada hari ini, Kamis (7/12).

Peresmian dilakukan Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional Djoko Siswanto bersama Senior Vice President Research and Technology Innovation Pertamina Oki Muraza, Direktur Pengembangan dan Produksi Pertamina Hulu Energi Awang Lazuardi, GM Carbon Neutral Business Department Kenichi Suzuki, Overseas Business Division II JAPEX, dan Hiroshi Okabe Deputy Councilor, Hydrogen and CCS Project Department JOGMEC.

Sebanyak 500 ton CO2 diinjeksikan ke sumur Sukowati-18 (SKW-18) selama 7 hari.

Penerapan teknologi CCUS ini diharapkan meningkatkan produksi lapangan melalui penerapan CO2 Enhanced Oil Recovery (EOR).

SVP Research and Technology Innovation Pertamina, Oki Muraza menyampaikan implementasi injeksi CO2 dengan metode Huff & Puff di Lapangan Sukowati akan memberikan konfirmasi dan validasi mengenai teknologi EOR secara spesifik.

“Tujuan injeksi CO2 di lapangan kedua Pertamina ini adalah untuk mengkaji efek CO2 EOR dan penyimpanan CO2 dalam formasi bawah permukaan untuk lapangan migas," kata Oki Muraza.

Pertamina kembali mengimplementasikan teknologi CCUS di Lapangan Pertamina EP Sukowati Bojonegoro, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close