Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Implementasi Kartu Prakerja Berupa Pelatihan dan Sertifikasi

Rabu, 31 Juli 2019 – 15:56 WIB
Implementasi Kartu Prakerja Berupa Pelatihan dan Sertifikasi - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri saat menghadiri Pengukuhan Guru Besar Tetap Fakultas MIPA UI di Depok, Rabu (31/7). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, DEPOK - Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri menjelaskan program Kartu Prakerja akan diimplementasikan dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi. Saat ini pemerintah masih terus mematangkan program tersebut. Program ini ditargetkan dapat berjalan pada tahun 2020.

"Nanti untuk yang Kartu Prakerja itu cost-nya termasuk sertifikasi. Jadi Kartu Pra Kerja itu ada pelatihannya, ada sertifikasinya," kata Menaker Hanif usai menghadiri Pengukuhan Guru Besar Tetap Fakultas MIPA UI di Depok, Rabu (31/7).

Menaker menjelaskan Kartu Prakerja merupakan upaya pemerintah untuk menggenjot investasi SDM, baik melalui pelatihan di BLK pemerintah, LPK swasta, maupun training center industri.

BACA JUGA: Lebih Baik Rp 10 T untuk Kartu Prakerja Dipakai Tuntaskan Masalah Honorer K2

“Ini adalah salah satu upaya kita memperkuat investasi SDM secara masif,” terangnya.

Adapun, target penerima Kartu Prakerja adalah angkatan kerja baru, skill shifting untuk angkatan kerja lama, serta pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Ia menambahkan, dengan adanya investasi SDM yang masif, penerima Kartu Prakerja memiliki akses untuk meningkatkan keterampilan ataupun alih keterampilan. Sehingga, akan membantu penerima Kartu Prakerja untuk masuk pasar kerja, alih profesi, maupun berwirausaha.

Saat ini, pemerintah telah mengestimasikan anggaran sekitar Rp 10 triliun untuk program Kartu Prakerja tersebut. Target awal program Kartu Prakerja ini dapat menyasar 2 juta orang.

Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri menjelaskan program Kartu Prakerja akan diimplementasikan dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Kemnaker 
BERITA LAINNYA
X Close