Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indeks Manufaktur Indonesia Tertinggi di ASEAN, Rekor Baru!

Kamis, 01 April 2021 – 16:15 WIB
Indeks Manufaktur Indonesia Tertinggi di ASEAN, Rekor Baru! - JPNN.COM
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Industri pengolahan nonmigas di tanah air makin menunjukkan peningkatan pada kuartal pertama tahun 2021 ini.

Hal itu tercermin dari capaian Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Maret 2021 yang berada di level 53,2.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasamita mengatakan, angka tersebut meningkat sebesar 2,3 poin dari Februari 2021 yang sebesar 50,9.

Peningkatan PMI manufaktur Maret 2021 menjadi yang tertinggi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, sejak survei ini dimulai pada April 2011.

“Ini hasil jerih payah para pelaku industri. Pemerintah all out untuk support mereka. Terbukti, selama lima bulan berturut-turut, PMI Indonesia menunjukkan ekspansi,” kata Agus Gumiwang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/4)

Menperin menuturkan, ketika pandemi covid-19 menghantam perekonomian tanah air, pemerintah kemudian menggodok kebijakan dan stimulus untuk membangkitkan gairah pelaku usaha.

"Di tengah masa-masa sulit, kenaikan yang sangat signifikan ini menunjukkan bahwa rebound-nya ekonomi Indonesia akan semakin cepat,” ungkapnya.

Saat ini kata Menperin, di kawasan ASEAN, Indonesia memiliki performa paling baik selama 5 bulan terakhir.

Peningkatan PMI manufaktur Maret 2021 menjadi yang tertinggi dalam kurun satu dasawarsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close