Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indeks Persepsi Korupsi Melorot, Anggota Komisi III DPR RI Bilang Begini

Minggu, 12 Februari 2023 – 23:27 WIB
Indeks Persepsi Korupsi Melorot, Anggota Komisi III DPR RI Bilang Begini - JPNN.COM
Anggota Komisi III DPR RI I Wayan Sudirta saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Panja RUU Tentang Narkotika Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakata, Kamis (30/6). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Fraksi PDI Perjuangan I Wayan Sudirta punya pandangan tersendiri mengenai merosotnya Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia 2022 di skor 34.

Menurutnya, angka yang diturun empat poin dari sebelumnya disebabkan terlalu pedasnya kritik dari masyarakat. 

Hal itu disampaikan Sudirta dalam diskusi yang digelar oleh Total Politik dengan tajuk "Persepsi Korupsi Melorot, Kinerja Pemberantasan Korupsi Disorot" di Jakarta Selatan, Minggu (12/2).

"Bahwa persepsi (IPK) itu menurun, mohon maaf, bisa jadi karena kritik terlalu keras. Ketidakpercayaan dalam hukum dan persepsi terlalu keras sehingga lontaran-lontaran di media jadi salah satu acuan," kata Sudirta. 

Sudirta juga menyebutkan budaya masyarakat yang masih menerapkan perilaku suap dan korupsi menjadi salah satu penyebabnya.

Dia merasa aturan dan aparat hukum yang kuat pun bakal sulit mengatasi budaya suap. 

"Persepsi turun, kalau digali sumbernya ada dua paling pokok aparat penegak hukum yang perlu diawasi dan budaya hukumnya. Sehebat apapun peraturan, juga andai kata aparat hukumnya tegak, kalau masyarakatnya daya hukumnya masih main suap, main korupsi, agak sulit," lanjutnya.

Tak hanya itu, Sudirta mengakui masalah integritas dan kejujuran membuat Indonesia sulit merangkak keluar dari papan bawah skor IPK antarnegara di dunia.

Begini kalimat anggota Komisi III DPR RI Wayan Sudirta soal indeks persepsi korupsi Indonesia yang menurun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close