Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

India Ledakkan Kapal Bajak Laut

Kamis, 20 November 2008 – 17:01 WIB
India Ledakkan Kapal Bajak Laut - JPNN.COM
Supertanker Sirius Star milik Saudi yang dibajak di perairan Somalia. Sirius Star dibajak saat membawa minyak senilai USD 100 juta. Foto : REUTERS
MOGADISHU - Aksi nekat bajak laut Somalia mulai berbalas. Selasa malam (18/11) kapal perang India yang melintas di Teluk Aden sukses menghancurkan kapal induk gerombolan perompak laut itu. Tapi, para penjahat samudera tersebut berhasil menyandera dua kapal lagi kemarin (19/11).

Kapal milik Angkatan Laut (AL) India INS Tabar sengaja ditugaskan berpatroli di wilayah laut Somalia. Lebih-lebih setelah makin meningkatnya pembajakan di lalu lintas laut paling ramai tersebut akhir-akhir ini. Jubir AL India Nirad Sinha mengatakan bahwa konflik terbuka yang berakhir dengan ledakan di kapal bajak laut itu berawal kecurigaan militer melihat kapal berukuran besar tersebut berlayar dengan menyeret dua kapal lain di belakangnya.

Semula, kata Sinha, militer India hanya ingin memeriksa kapal yang ciri-cirinya sangat mirip dengan kapal induk bajak laut yang belakangan banyak didefinisikan media itu. Apalagi, lanjut dia, saat didekati, kapal tersebut bermuatan makanan, air bersih, dan diesel. Tapi, mereka juga mengangkut sejumlah senjata dan amunisi.

"INS Tabar mendekati kapal induk tersebut dan memerintah mereka berhenti untuk keperluan investigasi. Tapi, perintah yang tidak hanya disampaikan satu kali itu diabaikan. Mereka justru membalasnya dengan ancaman (akan diledakkan)," papar Sinha seperti dikutip Agence-France Presse (AFP) kemarin (19/11).

MOGADISHU - Aksi nekat bajak laut Somalia mulai berbalas. Selasa malam (18/11) kapal perang India yang melintas di Teluk Aden sukses menghancurkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close