Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Adalah Jembatan Perdamaian di Antara Amerika dan China

Sabtu, 18 Desember 2021 – 01:50 WIB
Indonesia Adalah Jembatan Perdamaian di Antara Amerika dan China - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, pada Senin (01/11/2021) waktu setempat. Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev/pri

jpnn.com, JAKARTA - Dalam beberapa dekade terakhir, kawasan Indo-Pasifik telah mengalami transformasi yang luar biasa.

Ratusan juta orang keluar dari kemiskinan dan wilayah ini telah menjadi rumah bagi perusahaan kelas dunia serta motor penting untuk pertumbuhan ekonomi global.

Kawasan ini menyumbang 60 persen dari ekonomi dunia dan dua pertiga dari semua pertumbuhan ekonomi selama lima tahun terakhir.

Pertumbuhan pesat di kawasan Indo-Pasifik terlaksana karena tatanan regional yang bebas dan terbuka.

Tatanan regional yang bebas dan terbuka memastikan stabilitas serta medan kompetisi yang setara sehingga negara dapat tumbuh dan berkembang sebagai negara yang berdaulat dan merdeka.

Kesadaran terhadap pentingnya Indo-Pasifik sebagai nadi utama lalu-lintas perdagangan dunia membentuk arena baru rivalitas antar negara.

Rivalitas atau kompetisi yang tercermin jelas di Indo-Pasifik terlihat dari aktivitas hubungan internasional antara Amerika Serikat dan China.

Amerika Serikat menggeser perhatiannya dari Timur Tengah ke Indo-Pasifik saat China muncul sebagai kekuatan ekonomi besar di abad ke-21.

Adanya rivalitas antara AS dan China, Indonesia harus berdiri di tengah sebagai Bridge Builder, yakni jembatan perdamaian, agar konflik terbuka tidak terjadi.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close