Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Gandeng Timor Leste Tangani Sampah Plastik

Kamis, 12 Desember 2019 – 19:22 WIB
Indonesia Gandeng Timor Leste Tangani Sampah Plastik - JPNN.COM
Pekerja sedang memilah sampah plastik berupa botol bekas. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, MADRID - Indonesia menjadikan Timor Leste sebagai mitra strategis dalam menangani masalah plastik dan sampah. Hal ini dikarenakan kedekatan teritorial kedua negara. Indonesia dan Timor Leste berbagi daratan dan juga berbagi lautan yang menjadikan sampah plastik sebagai persoalan bersama. 

Kerja sama kedua negara itu dikuatkan dengan pertemuan antara Wakil Menteri LHK Alue Dohong dengan Menteri Lingkungan Timor Leste Demetrio do Amaral de Carvalho, di sela-sela Konferensi Global Iklim UNFCCC COP25, Madris, Rabu (11/12).

Demetrio menyatakan bahwa Timor Leste tengah mengembangkan kebijakan zero plastic policy dengan melakukan konversi plastik ke energi untuk bahan bakar industri. Kementeriannya bekerja sama dengan Sydney University di Australia untuk mengembangkan konversi tersebut. 

Apabila berhasil, maka bahan baku plastik dari Timor Leste tidak akan mencukupi. Untuk itu, perlu kerja sama dengan Indonesia dalam penyediaan pasokan bahan baku berupa sampah plastik.

"Jika kita bisa melakukan kerja sama regional dengan Australia dan PNG maka kita akan dapat mengatasi persoalan yang lebih luas lagi," ujar Demetrio.

Sementara itu, Alue Dohong menyampaikan bahwa Indonesia telah memiliki basis kebijakan dan peraturan perundang-undangan terkait dengan penanganan sampah daratan, termasuk plastik, dan juga sampah laut. 

Di banyak kota telah dilakukan pelarangan penggunaan single plastic use, terutama di pusat perbelanjaan modern. Indonesia juga telah mengembangkan bioplastik dari singkong untuk menggantikan plastik yang tidak biodegradable. Bioplastik ini juga telah diekspor ke Timor Leste.

Di samping itu, saat ini banyak produk-produk Indonesia yang terdapat di Timor Leste, untuk itu Timor Leste juga memiliki kerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia seperti dengan PT Sarana.

Indonesia gandeng Timor Leste sebagai mitra strategis, dalam menangani masalah plastik dan sampah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close