Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Incar Pemanfaatan Hidrogen Bersumber dari Air

Kamis, 20 Mei 2021 – 23:55 WIB
Indonesia Incar Pemanfaatan Hidrogen Bersumber dari Air - JPNN.COM
Menteri ESDM Arifin Tasrif. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia tengah menjajaki pemanfaatan hidrogen yang bersumber dari air untuk memenuhi porsi bauran energi bersih nasional dan target nol emisi.

"Sekarang dunia berpikir tentang game changer untuk mendapatkan zero emission, mereka sudah berpikir ke arah hidrogen. Indonesia sekarang menjajaki pemanfaatan energi yang bersumber dari tenaga air dengan skala besar untuk bisa menghasilkan hidrogen," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Kamis.

Dia menyampaikan penanganan hidrogen tidak mudah sehingga banyak negara memprogramkan proyek untuk memproduksi hidrogen.

Salah duanya Australia dan Chili yang sudah menyusun program untuk menghasilkan hidrogen guna menghidupkan pembangkit listrik berkapasitas lima gigawatt (GW).

Bahkan, hidrogen di Chili berada pada kisaran harga USD1,5 per kilogram dan diproyeksikan bisa menembus harga USD1 per kilogram dengan efisiensi maupun kapasitas yang lebih ekonomis.

"Kalau harganya bisa satu dolar AS per kilogram, maka hidrogen bisa bersaing dengan energi lain," kata Arifin.

Pemerintah Indonesia melirik hidrogen karena unsur ini hanya menghasilkan limbah berupa uap air, sehingga sangat ramah lingkungan.

Selain itu, potensi air yang melimpah juga menjadi alasan untuk memanfaatkan hidrogen sebagai salah satu sumber energi baru terbarukan.

Indonesia tengah menjajaki pemanfaatan hidrogen yang bersumber dari air untuk memenuhi porsi bauran energi bersih nasional dan target nol emisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close