Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Infrastructure and Finance Compact Senilai 649 Juta Dolar AS Resmi Diluncurkan

Jumat, 06 September 2024 – 11:26 WIB
Indonesia Infrastructure and Finance Compact Senilai 649 Juta Dolar AS Resmi Diluncurkan - JPNN.COM
Indonesia Infrastructure and Finance Compact senilai 649 juta dolar AS resmi diluncurkan oleh MCC dari Pemerintah AS dan Pemerintah Indonesia, Rabu (4/9). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Infrastructure and Finance Compact senilai 649 juta dolar AS resmi diluncurkan oleh Millennium Challenge Corporation (MCC) dari Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Indonesia.

Nilai tersebut ditambah dengan kontribusi sebesar 49 juta dolar AS dari Pemerintah Indonesia.

Hibah ini difokuskan pada peningkatan akses pembiayaan untuk infrastruktur dan UMKM, khususnya yang dimiliki perempuan guna mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif di Indonesia.

Direktur Eksekutif MCA-Indonesia II Maurin Sitorus mengatakan Indonesia Infrastructure and Finance Compact mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk memperkuat kapasitas perencanaan proyek dan memperluas akses pembiayaan inovatif di lima provinsi prioritas, yakni Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Bali.

"Compact ini akan menjadi landasan transformasi ekonomi Indonesia dengan memperkuat infrastruktur dan memperluas akses keuangan bagi UMKM, terutama yang dimiliki oleh perempuan," kata Maurin Sitorus dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (6/9).

Dia juga menyampaikan compact ini juga mempromosikan partisipasi perempuan yang lebih setara dalam sektor ekonomi selama lima tahun masa implementasi.

"Fokus dari Program Compact ini pembiayaan campuran untuk infrastruktur publik dan akses pembiayaan bagi usaha kecil yang dimiliki perempuan — adalah bukti kreativitas dan kekuatan kemitraan Amerika Serikat-Indonesia," kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kamala S. Lakhdhir.

Dia mengatakan Indonesia membutuhkan investasi dalam jumlah triliunan dolar untuk infrastruktur yang bersih dan berkelanjutan guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Indonesia Infrastructure and Finance Compact senilai 649 juta dolar AS resmi diluncurkan oleh MCC dari Pemerintah AS dan Pemerintah Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA