Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Partisipasi 12 Ribu Ton untuk Pangan ASEAN

Selasa, 10 Mei 2011 – 15:09 WIB
Indonesia Partisipasi 12 Ribu Ton untuk Pangan ASEAN - JPNN.COM
JAKARTA - Selain untuk menjaga ketahanan pangan masing-masing negara, ASEAN juga berkeinginan untuk menjadi lumbung pangan dunia. Dalam hal ini, dari target ketersediaan beras untuk ASEAN sebesar 780 ribu ton, Indonesia mendapat kewajiban untuk memasok ketersediaan pangan sebesar 12 ribu ton.

"Tapi Presiden berharap, cadangan pangan ini bisa ditingkatkan, misalnya 25 ribu ton lagi," ungkap Menteri Pertanian (Mentan) Suswono, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/5).

Target peningkatan cadangan pangan ini, menurut Suswono, terkait bila terjadi hal-hal yang tidak terduga. Seperti fluktuasi harga, bencana alam, gagal panen, atau hal-hal emergency lainnya. Untuk itu, setelah kesepatan pada ASEAN Summit beberapa waktu lalu di Jakarta, selanjutnya masalah pangan ini akan dilanjutkan pada penandatanganan komitmen bersama, pada Oktober mendatang di Indonesia - setelah sebelumnya gagal di Kamboja.

"ASEAN ini produksi pangannya paling bagus, dan yang terbesar adalah Indonesia. Inilah yang disampaikan Presiden kemarin, untuk Indonesia agar menjadi lumbung pangan bagi ASEAN dan juga dunia," ujar Suswono.

JAKARTA - Selain untuk menjaga ketahanan pangan masing-masing negara, ASEAN juga berkeinginan untuk menjadi lumbung pangan dunia. Dalam hal ini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close