Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Perjuangkan Terumbu Karang jadi Isu Global

Selasa, 17 Maret 2009 – 17:23 WIB
Indonesia Perjuangkan Terumbu Karang jadi Isu Global - JPNN.COM
JAKARTA - Pemerintah Indonesia selaku tuan rumah Konferensi Kelautan Dunia (World Ocean Conference—WOC) yang akan berlangsung di Manado Sulawesi Utara (Sulut) pada 11–15 Mei 2009 mendatang menargetkan laut dan terumbu karang sebagai isu penting dunia. Untuk itu pemerintah akan memperjuangkannya agar persoalan terumbu karang dituangkan dalam Manado Ocean Declaration (Deklarasi Kelautan Manado).

Hal itu dikemukakan Sesmenko Kesra Indroyono Soesilo yang juga Sekretaris Panitia Nasional WOC kepada wartawan dalam kaitan persiapan Pelaksanaan WOC 2009 09, Selasa (17/3). Menurut Indroyono, laut harus berperan mengurangi dampak perubahan iklim dan bisa menjadi isu dunia mengingat pada CP-13 UNFCCC di Bali pada Desember 2007 silam isu kelautan sangam minim dibahas.

"Padahal isu kelautan dan perubahan iklim sangat penting dan saling berkaitan erat. Dengan perubahan iklim yang berlangsung sekarang ini, bisa dilihat gelombang laut yang tinggi. Apa yang terjadi bila bumi makin panas, es di Kutub Utara dan Selatan mencair. Berapa pulau yang akan tenggelam,” katanya.

Dijelaskan pula, WOC 2009 mencakup kegiatan kelautan internasional, seperti Amanat 63rd UN General Assembly 2008: OMNIBUS Resolution on Ocean and Low of the Seas. Selain itu WOC 2009 juga mencakup Coral Trangle Iniative (CTI) Summit, 15 Mei 2009, dan implementasi APEC Sydney Declaration, September 2007.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia selaku tuan rumah Konferensi Kelautan Dunia (World Ocean Conference—WOC) yang akan berlangsung di Manado Sulawesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close