Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia sebagai Benteng Terakhir Palestina

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Senin, 10 April 2023 – 22:58 WIB
Indonesia sebagai Benteng Terakhir Palestina - JPNN.COM
Dome of the Rock (Mesjid Kubah Batu) yang terletak di komplek Masjid Al Aqsa, Yerusalam, Palestina. Foto: Reuters/Antara/Ammar Awad/aww/cfo)

jpnn.com - Hampir setiap Ramadan terjadi insiden di Masjidilaksa, Palestina, yang melibatkan umat Islam dengan pasukan keamanan Israel.

Tahun ini pun demikian. Tentara Israel menyerbu masuk ke masjid dan membubarkan paksa jemaah yang sedang melaksanakan salat Tarawih. Tentara Israel juga menembakkan senjata ke arah anak-anak muda yang berlindung di masjid.

Israel membela diri dengan mengatakan mereka harus mengejar para demonstran yang sengaja melakukan provokasi.

Kendati demikian, tindakan Israel ini tetap berlebihan karena menyerang dan membubarkan paksa jemaah yang sedang salat.

Menurut standar pengamanan yang baku, semestinya tentara keamanan Israel cukup mengepung masjid dan menunggu sampai salat jemaah selesai.

Insiden akhir-akhir ini menjadi serangkaian serangan kesekian kalinya yang dilakukan Israel terhadap posisi Palestina.

Beberapa hari sebelumnya tentara Israel menyerbu ke stadion sepak bola dan melepaskan tembakan. Alasannya sama, mengejar sekelompok demonstran yang dicap sebagai ekstremis.

Insiden itu berurutan dengan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20. Kejadian di Palestina itu menunjukkan Israel menggunakan cara-cara represif dalam menangani berbagai upaya perlawanan oleh bangsa Palestina.

Hubungan baik Indonesia dengan Israel, kalau toh ada, tidak serta-merta menghapusk kejahatan kemanusiaan yang dilakukan terhadap Palestina selama 75 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close