Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Siap Jadi Produsen Obat Bahan Alam Berbasis Isolat Terkemuka Dunia

Senin, 13 November 2023 – 04:11 WIB
Indonesia Siap Jadi Produsen Obat Bahan Alam Berbasis Isolat Terkemuka Dunia - JPNN.COM
Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), bekerja sama dengan PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma (S3 Farma) menggelar seminar dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2023 bertajuk "Inovasi Isolat Bahan Alam Indonesia & Pemanfaatannya untuk Kesehatan". Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), bekerja sama dengan PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma (S3 Farma) menggelar seminar dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2023 bertajuk "Inovasi Isolat Bahan Alam Indonesia & Pemanfaatannya untuk Kesehatan".

Dalam sambutannya, Ketua Umum PDPOTJI Dr(C).dr Inggrid Tania mengatakan seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang potensi obat bahan alam Indonesia.

"Acara ini untuk kita sama-sama memahami berbagai pengetahuan tentang perkembangan terkini bahan alam untuk obat asli Indonesia dan diproduksi di Indonesia. Dan nantinya potensinya sangat besar bisa sejajar dengan obat konvensional(kimia)" kata dr. Inggrid, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (12/11).

Menurut Inggrid, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan obat dengan bahan alam. Hal ini karena bahan alam untuk obat sangat mudah ditemukan di Indonesia.

"Tentu ada kelebihan-kelebihan karena dari bahan alam. Dan ini tentu saja sejalan dengan program pemerintah bagaimana kita bisa mencapai ketahanan kesehatan nasional termasuk kemandirian obat-obatan," ujarnya.

Disisi lain, Presiden Direktur S3 Farma, Angelina Yuri Pujilistiyani menuturkan, untuk memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia, pihaknya memiliki terobosan tekhnologi terbaru di dunia kefarmasian, yakni teknologi isolasi bahan alam yang unik, pertama di Indonesia, dan untuk mix formulasi produknya juga pertama di dunia.

"Teknologi ini mampu menghasilkan produk obat bahan alam yang berkualitas tinggi, aman, dan efektif. Tehnik ini digunakan untuk mengambil senyawa aktif dalam tumbuhan dengan kadar kemurnian hingga 97% sehingga efikasinya sama seperti senyawa kimia yang banyak digunakan sebagai bahan baku obat. Dan hasilnya dinamakan Isolate," Ungkap Angelina.

Menurutnya, dengan teknologi isolasi bahan alam ini, S3 Farma telah menjadi perusahaan pertama di Indonesia, dan bahkan di dunia yang bisa menghasilkan produk isolat mix formula dari bahan alam Indonesia dengan nama produk Isolate Jet20 dan telah mendapat nomor ijin edar dari BPOM RI.

Menurut Inggrid, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan obat dengan bahan alam. Hal ini karena bahan alam untuk obat sangat mudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close