Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Siapkan Calon Kompetitor dan Strategi Hadapi ASC 2020

Minggu, 10 November 2019 – 17:15 WIB
Indonesia Siapkan Calon Kompetitor dan Strategi Hadapi ASC 2020 - JPNN.COM
Evaluasi penyelenggaraan ASC XIII di Bali. Foto: Kemnaker

jpnn.com, BALI - Selain menyiapkan kompetitor (kontestan) pada ajang ASEAN Skills Competition (ASC) XIII tahun 2020, Indonesia juga menyiapkan sejumlah langkah dan strategi. Hal ini bertujuan untuk menghadapi kejuruan baru yang dikompetisikan di ajang tersebut.

Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kunjung Masehat, menjelaskan, pemerintah telah merampungkan Seleksi Nasional (Seleknas) ASC XIII pada bulan Agustus 2019. Untuk itu, diperlukan evaluasi terhadap Seleknas menjelang ASC XIII yang akan bergulir pada bulan Juli 2020 di Kota Suntec, Singapura.

"Evaluasi ini sebenarnya dalam rangka mempersiapkan lebih detail, menjelaskan materi tes, kebutuhan training-nya bagaimana, sampai cara menilai dan lain-lain," kata Kunjung dalam acara Evaluasi Pelaksanaan Seleksi Nasional ASC XIII di Bali, Minggu (10/11).

Menurut Kunjung, pada bulan Januari 2020 akan dilakukan Technical Committee Meeting (TCM) di Singapura. Oleh karena itu, hasil evaluasi Seleknas diharapkan memberikan gambaran bagi eksper yang akan mengikuti TCM tersebut. "Tentunya hasil dari TCM ini akan kita implementasikan untuk menyiapkan anak-anak kita dari bulan Januari hingga bulan Juli nanti," terang Kunjung.

Kasubdit Pengembangan Sistem dan Metode Pelatihan Kerja, Tri Pudji Astanti, menjelaskan, ASC XIII akan melibatkan 20 skills area, dimana 2 diantaranya adalah kejuruan baru, yakni industrial control dan rapid transit system. Guna menyiapkan calon kompetitor untuk 2 kejuruan tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan telah menggandeng sejumlah industri yang mumpuni di bidangnya.

"Kami menggandeng industri-industri yang punya peralatan dan kemampuan teknis yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan," kata Pudji.

Pudji menambahkan, industri yang digandeng untuk menyiapkan materi kejuruan rapid transit system adalah PT KAI. Sedangkan industri yang digandeng untuk menyiapkan materi kejuruan industrial control adalah PT Denso. "Mereka ngeluarin technical description serta competition scope yang sesuai dengan kejuruan tersebut," kata Pudji.

Selain itu, melalui kegiatan evaluasi seleksi nasional ASC XIII, Kemnaker juga mengudang para eksper masing-masing kejuruan. Tujuannya untuk mengumpulkan masukan dan evaluasi Seleknas masing-masing kejuruan, mendengarkan arahan terkait Training Center (TC) ASC XIII, diskusi dan sharing pengalaman ASC, serta membahas strategi eksper pada pemusatan atau TC ASC XIII.

Indonesia menyiapkan calon kompetitor dan strategi pada ajang ASEAN Skills Competion (ASC) XIII tahun 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close