Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Tak Perlu Tiru Malaysia Kirim Pasukan ke Palestina

Senin, 11 Desember 2017 – 21:17 WIB
Indonesia Tak Perlu Tiru Malaysia Kirim Pasukan ke Palestina - JPNN.COM
Kota Yerusalem. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia Suzie Sri Suparin S Sudarman menilai, Indonesia tidak perlu meniru sikap Malaysia yang siap mengirimkan pasukan militer ke Palestina.

"Saya pikir seyogyanya tidak (ikut-ikutan berencana mengirim militer ke Palestina,red). Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk menyejahterakan bangsa," ujar Direktur Pusat Kajian Wilayah Amerika di Universitas Indonesia ini kepada JPNN, Senin (11/12).

Suzie menilai, masuknya kekuatan militer negara lain ke Yerusalem juga bakal semakin memperkeruh konflik di Timur Tengah.

"Tentunya harus benar memperhitungkan bahwa ada negera negara berkekuatan nuklir di Timur Tengah, yaitu Israel dan Iran. Apa mau berselisih kalau konsekuensinya membahayakan seluruh dunia," ucapnya.

Menurut Suzie, pemerintah Indonesia sebaiknya memilih langkah diplomasi. Seperti yang ditempuh Presiden Joko Widodo lewat Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi saat ini, melobi sejumlah negara agar tidak mengikuti langkah AS yang berencana memindahkan Kedutaan Besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Pertikaian idealnya diselesaikan di meja perundingan. Namun, karena masalahnya kompleks harus menunggu lama hingga yang bertikai mau negosiasi," kata Suzie.

Sebelumnya, Malaysia mengecam keputusan Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, yang selama ini bagian dari Palestina.

Selain mengecam, Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein seperti dikutip kantor berita Bernama menyatakan telah menyiagakan Angkatan Darat Malaysia (ATM) untuk terlibat dalam misi pertahanan dan keamanan di Timur Tengah, khususnya Palestina.(gir/jpnn)

Pertikaian di Palestina seharusnya diselesaikan dengan meja perundingan bukan dengan kekuatan militer

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close