Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah World Championships, Pengurus Gymnastics Laporkan Persiapan ke Menpora Dito

Selasa, 07 Mei 2024 – 19:40 WIB
Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah World Championships, Pengurus Gymnastics Laporkan Persiapan ke Menpora Dito - JPNN.COM
Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (Gymnastics Indonesia) bergerak cepat seusai Jakarta ditetapkan sebagai tuan rumah 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships pada 19-25 Oktober 2025. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (Gymnastics Indonesia) bergerak cepat seusai Jakarta ditetapkan sebagai tuan rumah 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships pada 19-25 Oktober 2025.

Federasi pimpinan Ita Yuliati langsung melaporkan persiapan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Ketua Gymnastics Indonesia Ita bersama Wakil Ketua Aang Sunadji, dan Sekretaris Jenderal Sri Sundari Kencana Ayu, serta jajaran pengurus lainnya bertemu dengan Menpora Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (7/5/24).

“Kami melapor kepada Menpora Dito bahwa FIG (Federation Internationale de Gymnastique) resmi memilih Jakarta sebagai tuan rumah 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships 2025. Kami sampaikan persiapan karena ini menjadi sejarah baru untuk Indonesia dan kami meminta arahan serta dukungan pemerintah, dalam hal ini Menpora Dito, sehingga kita bisa memanfaatkan momentum World Championships dengan optimal untuk kejayaan olahraga Indonesia,” kata Ita.

Akhir pekan lalu, FIG resmi mengumumkan Jakarta menjadi tuan rumah 53rd FIG Artistics Gymnastics World Gymnastics Championships 2025 setelah pemungutan suara (voting) yang dilakukan Dewan Eksekutif FIG.

Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Gymnastics World Championships.

Menurut Ita terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah merupakan bentuk kepercayaan FIG kepada Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan Design Besar Olahraga Nasional (DBON) dalam misi mencapai "Indonesia Emas" pada tahun 2045.

“Gymnastics sebagai mother of sports bangga dapat berkontribusi, dan kami yakin penyelenggaraan World Championships dapat mendorong pembinaan gymnastics di Indonesia serta menginspirasi generasi muda untuk menjadi atlet elite yang berjuang demi keunggulan Merah Putih di panggung dunia,” ujar Ita.

Setelah Jakarta terpilih, Ita menjelaskan pihaknya masih perlu mengurus hal-hal administratif ke FIG serta pembentukan panitia.

“Banyak hal yang harus kami kerjakan dan kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan FIG, pemerintah Indonesia, dan semua stakeholder olahraga untuk menjadi World Championship yang sukses dan tak terlupakan,” tambah Ita.

Sementara itu, Menpora Dito kabar gembira yang dibawa oleh Gymnastics Indonesia. Ia berharap penyelenggaraan 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships Jakarta dapat berjalan dengan sukses.

“Kedatangan (Gymnastics Indonesia) dalam rangka melaporkan setelah Indonesia ditunjuk resmi oleh FIG untuk menjadi tuan rumah pada 2025 di Jakarta. Pemerintah sangat bahagia karena gymnastic adalah mother of sport. Ini cabor yang harus kita kuatkankan karena bergengsi di Olimpiade dan dunia,” kata Dito dalam press conference tadi sore.

“Dengan adanya World Championships yang diikuti 70 negara dapat mempromosikan Jakarta dengan fasilitas olahraganya yang memiliki kelas dunia. Kami, Indonesia siap menyellenggarakan event bergengsi kelas dunia,” ujarnya.(dkk/jpnn)

Gymnastics Indonesia bergerak cepat seusai Jakarta ditetapkan sebagai tuan rumah 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships pada 19-25 Oktober 2025.

Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close