Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indra: Sepertinya Akan Banyak Guru Lulus PG PPPK 2021 Menangis

Sabtu, 11 Juni 2022 – 17:25 WIB
Indra: Sepertinya Akan Banyak Guru Lulus PG PPPK 2021 Menangis - JPNN.COM
Pengamat dan Praktisi Pendidikan Indra Charismiadji mengimbau para guru lulus PG PPPK 2021 agar tidak terlalu berharap. Ilustrasi Foto: Dika Rahardjo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat pendidikan abad 21 Indra Charismiadji mengimbau para guru yang lulus passing grade (PG) seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 tahap 1 dan 2 jangan berharap banyak.

Menurut Indra, kuota seleksi PPPK 2022 yang disiapkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebanyak 970.410 tidak sesuai kebutuhan Pemda.

"Buat apa gembar-gembor kuota hampir sejuta kalau Pemda tidak mengusulkan formasi. Itu sama saja pencitraan," kata Indra Charismiadji kepada JPNN.com, Sabtu (11/6).

Di mengungkapkan, para kepala daerah mengeluh anggaran gaji PPPK yang dibilang pemerintah pusat sudah ada alokasinya, faktanya tidak sesuai.

Dari gaji pokok guru PPPK yang diberikan pusat tidak utuh Rp 2,965 juta. Akibatnya, Pemda harus menanggung sebagian besarnya.

Indra melihat, Kemendikbudristek terlalu sering menjanjikan hal muluk kepada guru honorer sehingga terbuai.

Realisasinya nanti akan banyak guru lulus PG PPPK tidak diangkat tahun ini.

"Mengapa tidak transparan saja, kasih tahu kepada guru kondisi sebenarnya, biar tidak berharap banyak," ujarnya.

Pengamat pendidikan abad 21 Indra Charismiadi menduga akan banyak guru lulus PG PPPK 2021 yang menangis karena harapannya kandas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close